Expo Ekraf 2023 di Banjar Jadi Penggerak Pelaku Ekonomi Kreatif

Martapura, InfoPublik - Event terakhir Expo Ekonomi Kreatif (Ekraf) 2023 di Kabupaten Banjar berlangsung meriah, sejak pagi sejumlah kompetisi dimulai sejak pukul 10.00 wita sampai penutupan pukul 18.00 wita, di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (10/6/2023).

Dibuka dengan lomba adzan cilik yang diikuti oleh adik-adik kita dari berbagai wilayah di Kabupaten Banjar. Meski masih cilik, namun teknik adik-adik mengumandangkan adzannya sangat jempolan. 

Selanjutnya, event dilanjutkan dengan Make Up Competition dengan tema Pengantin Muslimah Kreasi. Puluhan perias memboyong modelnya masing-masing ke area venue lomba. Hasilnya sangat cantik-cantik. Dewan juri sampai bingung menentukan pemenangnya

Tak berselang lama, event dilanjutkan dengan Fashion Show Competition “Muslimah Kreasi Sasirangan”. Ada dua kategori lomba, yakni kategori Teenager dan juga Adult. Desain busana, cara catwalk sampai riasan make up.



Malam harinya, barulah sampai di penghujung acara yakni pengumuman pemenang sekaligus penyerahan trofi. Selain itu juga diumumkan para pemenang Stand Expo Ekraf terbaik yang dinilai dari Kreativitas, Pemanfaatan Ruang, Kebersihan hingga Kesesuaian Tema. Ada kategori instansi dan juga pelaku Ekraf di Kabupaten Banjar.

Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif se-Kalimantan Selatan, Para Pelaku Ekonomi Kreatif, Para Sponsor dan seluruh Instansi terkait.

"Kami berharap, Amanah dan kepercayaan penyelenggaraan EXPO EKRAF 2023 kepada kami bisa semakin memberikan hal yang positif dan kedepannya akan terus meningkat kualitasnya dan menjadi Event tahunan," harap Irwan.

Menurutnya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk membangun Kabupaten Banjar diperlukan kerja sama antara pemerintah dan pelaku ekonomi kreatif, kegiatan ini diprogramkan untuk menumbuh kembangkan perekonomian di Kabupaten Banjar Khususnya untuk pelaku Ekonomi Kreatif.



"Tekad kita untuk Bersama membangun Bersama untuk memulihkan ekonomi nasional yang menjadi program pemerintah pusat hingga ke daerah termasuk Kabupaten Banjar," ucap dia.

Lebih lanjut, Irwan menambahkan pemulihan ekonomi tidak bisa dilaksanakan secara parsial, tetapi butuh kolaborasi, sinergitas untuk bergandengan tangan mendukung pelaksanaan program-program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan dan para pelaku Ekonomi Kreatif. 
Disediakan sebanyak 32 stand/tenant secara gratis. Selama kegiatan berlangsung jumlah Transaksi jual beli di EXPO EKRAF tahun 2023 berlangsung senilai kurang lebih sekitar Rp 400 Juta. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar/Akrom/Man)


Komentar