Tim Animal Rescue Sektor Gambut Amankan King Cobra di PT TRAKINDO

Martapura, InfoPublik - Petugas Damkar Banjar Sektor Gambut berhasil menangkap ular king cobra (Ophiophagus Hannah)  berukuran ± 4meter, di PT TRAKINDO Kecamatan Gambut, Minggu (28/5/2023). 

Ular berukuran 4 meter ini awalnya ditemukan di halaman perusahaan oleh security.

Baderun security mengatakan lagi standby di pos jaga bersama dengan yang lain setelah itu melihat keadaan sekitar muncul seekor ular cobra tersebut. 



Melihat ular Kobra tersebut, sontak Baderun langsung mencoba mengamankan dengan rekan lainnya. Karena khawatir membahayakan, maka ia pun berinisiatif untuk meminta bantuan kepada petugas Damkar Banjar.

“Langsung saya hubungi Damkar Kota Banjar, minta bantuan untuk menangkap ular kobra itu,” ucap Baderun.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Sarpas Didin Miraji saat itu, infonya ada ular berukuran ± 4meter berada di sekitar area parkir perusahaan.

"Tim Animal Rescue Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan," ujar Didin.

Sesampai di lokasi, tim berhasil menangkap ular cobra tersebut pukul 19.50 wita, namun disayangkan saat selang 30 menit setelah dievakuasi ular mati.



Dalam hal ini tim yang bertugas juga memberikan edukasi kepada pihak perusahaan jika menemukan hewan liar, mengingat area perusahaan dikelilingi lahan persawahan yang dapat muncul kapan saja. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/REGUGAMBUT)


Komentar