Rombongan Visitasi Kepemimpinan Nasional Kelompok I  Kunjungi Petani Lebah di Desa ProKlim

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar dampingi rombongan visitasi kepemimpinan nasional kelompok I Tingkat II Angkatan VI Tahun 2023 ke desa proklim padang panjang, kecamatan Karang Intan, Selasa (23/5/2023).


Sebelum menuju desa ProKlim Padang Panjang Kunjungan disambut di Aula Barakat Lantai II oleh Sekda Banjar HM Hilman, didampingi Kepala BKPSDM Erny Wahdini, Asisten Administrasi Umum Rakhmad Dhani, Kepala BPBD Kab. Banjar sedangkan DPRKPLH diwakili Kabid P2KLH Hj. Nur Aina.

Rombongan dipimpin langsung oleh Hj. Aina menuju tempat budidaya lebah madu kelulut milik Achmad Ridho warga setempat dan merupakan salah seorang petani milenial di desa Padang Panjang kabupaten Banjar.

Achmad Ridho pemilik label Madu Rafasya menjelaskan beberapa hoax terkait madu, salah satunya madu murni tidak disukai semut, ini adalah hoax, dalam budidaya lebah madu semut adalah salah satu hama paling meresahkan, bahkan tidak sedikit koloni lebah kabur karena diserang koloni semut dan diambil madunya.



Ditambahkannya dalam hal pemasaran produk madu kelulut ini dirinya telah banyak memasarkan produknya keberbagai Toko, rumah makan dan apotek-apotek serta turut dibantu oleh pihak pemerintah Kabupaten Banjar.

Dewi Odjar Ratna Komala dari LAN selaku ketua rombongan mengatakan bahwa nanti di bulan Juni 2023 akan dilaksanakan sensus pertanian 2023 oleh BPS dan Kementerian terkait untuk mendata seluruh petani dan nelayan.

Dewi berharap saudara Achmad Ridho untuk terus semangat menjadi petani-petani muda yang kemudian menjadi tulang punggung perekonomian di desa. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar