DPRKPLH Banjar Lakukan Asistensi Pengisian Data Spectrum pada 23 Desa

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan asistensi pengisian data pada aplikasi Spectrum Mitigasi seluruh desa di Kabupaten Banjar, Sabtu (13/5/2023)

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 Mei 2023 sampai dengan tanggal 14 Mei 2023 yang dihadiri Hj. Nur Aina Kabid P2KL, Yunida Rosniar Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan (KSDAPLH) bersama staf KSDAPLH, dari Pembina Desa ProKlim serta ada sebanyak 23 desa yang terdaftar.

Adapun daftar 23 desa yang sudah terdaftar adalah Pasayangan Selatan, Tungkaran, Jingah Habang Ilir, Mali-mali, Bincau, Sungai Asam, Abirau, Mandiangin Barat, Mandikapau Timur, Balau, Antasan Senor, Tunggul Irang, Tambak baru Ilir, Biih, Loktangga, Sungai Alang, Mandiangin Timur, Mangkauk, Rantau Nangka, Kelurahan Gambut Barat, Murung Kenanga dan Mandikapau Barat (ProKlim Lestari).



Yunida mengatakan Kegiatan asistensi pengisian data pada aplikasi spectrum mitigasi Program Kampung Iklim (Proklim) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman para aparat desa mengenai pengisian terkait data - data perubahan iklim yang ada dalam aplikasi spectrum tersebut.

Ditambahkannya, bahwa sudah ada 117 kegiatan per tanggal 13 Mei pukul 16.00 wita pada aplikasi tersebut,  pengisian data ini harus sesuai sebagaimana dituangkan pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 084 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, namun kadang ada terkendala oleh sinkronisasi data, maka kita harus mensinkronkan data - data yang sudah dikirim.

Dalam Kegiatan asistensi pengisian data pada aplikasi spectrum ini sudah ada sebanyak 20 desa yang sudah mengirimkan data photo dan lokasi koordinat kegiatan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang ada pada daftar sub kegiatan sedangkan 3 Desa yang belum mengirimkan data adalah Rantau Nangka, Kelurahan Gambut Barat, dan Mandikapau Barat (ProKlim Lestari). (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar