Ratusan Peserta Sekolah Dasar Ikuti Lomba Karakter Islami

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan kegiatan lomba Karakter Islami bagi Sekolah Dasar se-Kabupaten Banjar, di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Kamis (11/5/2023).

Pembentukan karakter Islami merupakan sebuah upaya terencana dan terukur dalam membentuk seorang peserta didik yang memiliki budi pekerti luhur, memiliki watak serta berperilaku dan bersikap sesuai dengan tuntunan Islami. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk kepribadian peserta didik sehingga memiliki etika, dan rasa berbudaya yang baik serta mewujudkannya dalam kehidupan sehari hari. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny mengatakan pembentukan karakter Islami setiap peserta didik dipandang menjadi suatu hal yang sangat penting diera globalisasi seperti sekarang ini, khususnya bagi generasi Islam usia pelajar. 

Menurut Liana, Pembentukan dan pembinaan karakter Islami ini harus tetap diprioritaskan dalam tujuan penyelenggaraan pendidikan. Karenanya kita yang berada di Dinas Pendidikan ini sangat spesial karena tugas kita tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik dan memberi contoh dan harus dibiasakan setiap hari. 

"Mudah mudahan dengan kegiatan ini siswa dapat mempunyai karakter yang baik dan dengan mengikutsertakan siswa berarti kita memberikan kesempatan kepada siswa  untuk berkembang," harap Liana

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar melalui Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Darmina Budiyanti menyampaikan, sebagai pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah, sehingga terwujudnya pendidikan karakter yang bernilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras dan kreatif serta memberikan motivasi  kepada siswa untuk menerapkan karakter Islami dalam kehidupan sehari-hari. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 155 siswa terdiri dari Lomba Syarhil Qur'an, Lomba Tausyiah, lomba hapalan surah pendek, lomba praktek salat dan lomba kaligrafi. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar