Pelajari UMKM Banjar, Komisi III DPRD Kapuas Sambangi DKUMPP

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka mengkaji dan membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas sambangi Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Rabu (5/4/2023).

Dipimpin H Ahmad Baihaqi berserta rombongan disambut Kepala Bidang Usaha Mikro, Rudy Mulyadi didampingi Kepala Bidang Perindustrian, Lily Agustriana.

Dalam hal ini Baihaqi mengutarakan ingin mengetahui dan mengkaji banding apa saja yang dilakukan oleh Pemkab Banjar melalui DKUMPP dalam membangun dan memajukan UMKM nya sehingga produk-produk bisa merajai pasaran baik lokal maupun  di luar wilayah Kab. Banjar.

Menanggapi hal tersebut Rudy Mulyadi, mengatakan sebagai daerah yang merupakan tetangga, Kab. Kapuas merupakan salah satu pasar dari produk-produk Kab. Banjar, baik produk pangan maupun produk kerajinan. Hal ini tidak terlepas dari upaya Pemkab Banjar dalam membina UMKM sehingga produk unggulannya bisa berekspansi ke luar daerah.



"Ada beberapa upaya yang dilakukan antara lain dari segi permodalan, pembinaan melalui pendekatan kelompok-kelompok, fasilitasi perizinan dan bantuan promosi dan pemasaran," papar Rudy.

Kepala Bidang Perindustrian, Lily Agustriana, menambahkan bahwa DKUMPP juga memiliki beberapa inovasi dalam meningkatkan daya saing UMKM spt inovasi Tangkap Adik Manis ( Datang Konsultasi Pulang Dapat Kemasan Manis ) dengan Rumah Kemasan Banjar Mobile nya.

Pada kegiatan ini para anggota Komisi III DPRD Kab. Kapuas berkesempatan melihat kegiatan di sekitar kantor DKUMPP dan salah satunya kegiatan persiapan Tim Pasar Murah yang akan berangkat ke Kecamatan Sungai Tabuk. (IP Kab. Banjar/Lily/InfoPublik/Brigade Manis DKUMPP)


Komentar