PT BBP dan PT MAS Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Rentan banjir di wilayah Kabupaten Banjar, terdapat Enam lebih kecamatan terdampak banjir yakni Kecamatan Martapura Kota, Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, Gambut, Kertak Hanyar, Tatah Makmur, Aluh-aluh, Beruntung Baru, Astambul, Cintapuri, Mataraman, Simpang Empat, Pengaron.

 

Dalam hal ini PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS) menyalurkan bantuan untuk korban banjir kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar yang diserahkan Kepala Teknik Tambang (KTT) Imran Rosyadi didampingi Tim Corporate Social Responsibility (CSR) dan diterima Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita. yang nantinya mendistribusikan ke daerah terdampak, di Jalan Desa Bincau Kecamatan Martapura, Senin (27/3/2023).

 

Warsita mengatakan secara topografi daerah ini merupakan dataran rendah dan rawa. Sedangkan secara hidrografi, daerah ini juga dilewati sungai besar yaitu sungai Martapura, sungai Riam Kanan dan sungai Riam Kiwa serta beberapa sungai-sungai kecil dengan keadaan hidrografinya sangat dipengaruhi oleh curah hujan.

 


"Sedikit saja hujan, ini akan sangat terdampak bagi masyarakat, yakni 36.359 jiwa dengan jumlah KK 11.286. Bahkan rumah rusak akibat banjir saat ini mencapai 10.600. Banjir kali ini sudah yang ketiga kalinya sejak awal banjir pada Januari 2023 kemarin sampai sekarang, dengan kondisi air masih tinggi," beber Warsita.

 

Public Relations PT BBP-PT MAS Nor Qomariyah, mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari kepedulian PT BBP-PT MAS terhadap dampak lingkungan, dengan memperhatikan kondisi geografi dan hidrografi wilayah.

 

"Martapura merupakan area operasional dan menjadi ring 2 perusahaan. Artinya, kami turut serta dalam berkomitmen, membantu masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari aspek sosial maupun lingkungan," ungkap Qomariyah.

 

Nor berharap kepedulian terhadap sosial dan lingkungan juga menjadi nilai manfaat bagi masyarakat secara luas, terutama membangun relasi dan kolaborasi pembangunan daerah dengan lebih baik ke depan sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banjar tahun 2024.




adapun bantuan yang diberikan berupa 45 paket kebutuhan pokok seperti mie instan, beras kemasan 5 kg dan air mineral sebagai logistik masyarakat yang terdampak banjir.(MC Kab. Banjar/Zidane/Man)


Komentar