Diklat Perkoperasian 2023 DKUMPP Banjar Resmi Ditutup

Martapura, InfoPublik - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati menutup secara resmi Diklat Perkoperasian Tahun 2023, di TreePark Hotel Banjarmasin di Kertak Hanyar, Jum'at (24/2/2023).

Diklat Perkoperasian dilaksanakan selama empat hari, terdiri dari dua kelas pelatihan yakni kelas Pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Koperasi dan kelas Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha dan Kelembagaan  Koperasi. 

I Gusti Made Suryawati mengatakan salah satu komponen sebuah kelembagaan bisa bagus pelaksanaannya ketika itu dibackup oleh kemampuan sumber daya manusianya.  

"Dari pengamatan kami secara langsung ke lapangan, banyak koperasi yang lengkap struktur lembaganya, namun sayangnya pengelola struktur tersebut namun belum banyak dibekali dengan ilmu perkoperasian," ujar Made.

Oleh karena itu, Made menyampaikan diklat ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Banjar untuk membekali para pengurus dan pengawas koperasi agar dapat mengelola koperasinya secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Made juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar dengan berbagai program prioritasnya merupakan upaya untuk meningkatkan akselarasi pembangunan ekonomi, sebagai bagian dari kebijakan dan program strategis yang melibatkan seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku ekonomi, sehingga Visi Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis dapat dicapai.

Kepala Bidang Perkoperasian Farida Ariyati menambahkan kegiatan ini menjadi suplemen bagi koperasi untuk terus aktif juga berdaya saing.  Kegiatan ini menjadi salah satu cara kita menghidupkan dan mengembangkan koperasi sehingga betul-betul menjadi soko guru perekonomian khususnya di daerah Kabupaten Banjar yang tercinta ini.

Dalam kegiatan penutupan diklat tersebut, selain dilakukan acara penyerahan sertifikat diklat kepada perwakilan peserta, juga diserahkan sertifikat penghargaan kepada peserta terbaik dari masing-masing kelas pelatihan.  

Menurut Farida, penentuan dua orang peserta terbaik didasarkan pada capaian nilai tertinggi dalam pretest dan posttest, yakni M. Fajar Irwanda dari Primkop Polres Banjar dan Dhea Ayu Anwari dari Primkop Pepabri. 

Selain mendapatkan piagam penghargaan, kedua peserta diklat terbaik juga mendapatkan hadiah berupa voucher menginap bersama keluarga di TreePark Hotel Banjarmasin.  

Lanjut, Made mengharapkan bahwa dengan penghargaan dan hadiah ini para peserta diklat semakin bersemangat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya selama diklat guna pengembangan koperasinya. (Farida Ariyat/infopublik/brigade manis dkumpp)


Komentar