Fasilitas Perlengkapan Jalan Diusulkan Dishub Banjar di Rakor Perhubungan se-Kalsel

Martapura, InfoPublik - Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Perhubungan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah se-Kalimantan Selatan diselenggarakan Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, di Hotel Roditha Banjarmasin, Jumat (24/2/2023).

Bertemakan Sinergitas Mekanisme dan Proses Keterpaduan Data Perencanaan Sektor Perhubungan Tahun 2024. Rakor dibuka langsung  Kadishub Kalsel M Fitri Hernadi.

Fitri Hernadi mengimbau agar seluruh Dishub kabupaten/kota bersinergi, membenahi sistem menjadi lebih terpadu, diawali dengan database setiap dinas perhubungan, Kolaborasi tidak akan terwujud jika belum ada sinergi dan harus mulai dari sekarang.

Sementara itu, Pemaparan materi Kepala Bappeda Kalsel Dr Ariadi Noor selaku terkait Arah kebijakan pembangunan sektor perhubungan Prov Kalsel.

"Bahwa Kalsel berperan sebagai mitra pembangunan IKN, maka dari itu kita harus bersiap sekarang dan merencanakan jauh ke depan, karena perkembangan teknologi, zaman sangatlah cepat jika kita tidak bersiap untuk hal hal itu maka kita akan tertinggal.

Ia juga mengapresiasi diadakannya rakor ini, dan  diharapkan kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

Rakor dihadiri oleh seluruh Dishub dan Bappeda Kab/Kota, rakor juga menjadi ajang diskusi terbuka oleh seluruh Dishub dan Bappeda kab/kota se-kalsel untuk menyampaikan isu isu strategis yang dialami daerahnya.

Adapun isu yang sangat menjadi perhatian mengenai keselamatan lalu lintas, penyebab kecelakaan yang marak terjadi yakni karena jalan rusak, kurangnya fasilitas keselamatan berupa rambu, RPPJ, warning light yang masih minim, karena terhalang kewenangan.

Dalam hal ini Dishub Banjar juga mengusulkan untuk ruas jalan yang berstatus Jalan Provinsi yaitu pada Jalan Martapura Lama, Jalan PM Noor dan Jalan By Pass Mataraman-Sei Ulin di antaranya Fasilitas Perlengkapan Jalan seperti rambu lalu lintas, warning light, rambu chevron, RPPJ, alat penerangan jalan, paku jalan dan marka jalan seperti zebra cross serta zona selamat sekolah. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Helda)


Komentar