DPRKPLH Banjar Jaring Calon Penerima Kalpataru 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan tahap awal penjaringan calon usulan penerima Kalpataru 2023 di Aula DPRKPLH Banjar, Kamis (26/1/2023)

Kegiatan ini dihadiri oleh Nur Aina Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL), Yunida Rosniar Kepala Seksi Konservasi dan Pemeliharaan Lingkungan (KSDAPLH) dan 2 Peserta calon usulan penerima Kalpataru 2023

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Ada 4 (empat) kategori penghargaan, yaitu:
Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan, Pembina Lingkungan.

Adapun untuk hari ini yang dilakukan penjaringan DPRKPLH adalah Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada petugas lapangan (Penyuluh Lapangan Penghijauan, Petugas Penyuluh Lapangan, Petugas Lapangan Kesehatan, Jagawana, Penjaga Pintu Air, dll) dan atau pegawai negeri (termasuk PNS, TNI, Polri, PPLH, PPNS, guru) yang mengabdikan diri dalam usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup yang jauh melampaui kewajiban dan tugas pokoknya serta berlangsung cukup lama dan Penyelamat Lingkungan, diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal (kelompok masyarakat adat, kelompok tani, kelompok masyarakat desa, komunitas adat, rukun warga, paguyuban, karangtaruna, dll).

Maupun formal (lembaga swadaya masyarakat, badan usaha, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, koperasi, asosiasi profesi, organisasi kepemudaan, dan lain-lain) yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.

Kedua (2) peserta usulan calon penerima penghargaan Kalpataru masing - masing memaparkan program - program yang sudah mereka laksanakan selama beberapa tahun sebelumnya serta hasil yang sudah dicapai terkait lingkungan didaerahnya.

DPRKPLH berharap dengan adanya penjaringan usulan calon penerima penghargaan Kalpataru ini dapat lebih memotivasi masyarakat dalam untuk makin peduli terhadap lingkungan khususnya yang berada  di wilayah kabupaten Banjar sehingga dapat tercapai Manis (Maju, Mandiri dan Agamis). (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar