Dishub Banjar Terima Hibah APILL Smart System Dari Kemenhub

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka kegiatan Training dan Familiarisasi  Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) SMART SYSTEM yang diadakan oleh BPTD Kalsel, yang dihadiri oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar serta pihak PT Qumicon Indonesia selaku Perusahaan Manufaktur Alat Keselamatan Lalu Lintas, Ruang Rapat BPTD Wil XV Kalsel, Selasa (24/1/2023)

PT Qumicon Indonesia melalui Ridwan dan Edi, memberikan pengenalan dan uji coba lapangan langsung mengenai pengoperasionalan APILL SMART SYSTEM

APILL SMART SYSTEM adalah sistem pintar yang menjalankan lampu lalu lintas secara otomatis, sistem ini mengambil input data lalu lintas berupa data kepadatan kendaraan melalui sensor kamera yang secara keseluruhan berjalan otomatis dan dapat juga di monitoring secara realtime melalui desktop maupun smartphone.

Sistem ini membuat pembagian durasi lampu lalu lintas menjadi lebih tepat. Ruas jalan yang padat akan mendapat durasi lampu hijau lebih lama, sedangkan ruas jalan lenggang mendapat penyesuaian sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas.

Dishub sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas adanya APILL SMART SYSTEM, saat ini sudah ada 3 titik APILL SMART SYSTEM di Simpang Sekumpul, Simpang Batuah, dan yang terbaru di Simpang Bundaran Tugu Pancasila.

Dishub berharap hal ini menjadi awal kemajuan Kabupaten Banjar di sektor Transportasi, SMART APILL ini menjadi awal dari Area Traffic Control System dan Intelegent Transportation  System. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Helda)


Komentar