Dishub Gelar Sosialisasi Perubahan Jalur Trayek Angkutan Jalan di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Perubahan Jalur Trayek Angkutan Jalan pada Bidang Angkutan Keselamatan Perhubungan Darat yang diikuti oleh beberapa perwakilan para pengemudi trayek angkutan kota/desa sebanyak 50 orang pengemudi, Kamis (8/12/2022).

Adapun tiga orang dari Dinas perhubungan Kabupaten Banjar yang menjadi narasumber yaitu Kabid AKPD Herman Santoso, Kasi Angkutan Jalan Husin dan Kasubbag TU UPT PKB M.Zuhdi Ansari.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh kepala Dinas Perhubungan Kab. Banjar dan dilanjutkan beberapa penyampaian dari narasumber.

Yang pertama penyampaian oleh M. Zuhdiansari Selaku penguji menyampaikan tentang pentingnya kelaikan kendaraan bermotor yaitu uji KIUR. Uji kiur merupakan rangkaian kegiatan menguji, memeriksa komponen kendaraan bermotor, trus, angkutan umum, pick up dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan.

Tujuan dari pengujian kendaraan bermotor, memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap penggunaan kendaraan bermotor, taxi, truck, pick up dan angkutan umum, mendukung kelestarian lingkungan dari pencemaran udara yang diakibatkan penggunaan kendaraan bermotor, memberikan pelayanan umum kepada masyarakat. 

Kegiatan melakukan uji kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis dijalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang.

Selanjutnya disampaikan oleh Herman Santoso selaku kabid AKPD dan Narasumber tentang perubahan jalur trayek angkutan kota/desa terutama untuk angkutan trayek A Martapura-Banjarbaru-Landasan Ulin-Liang anggang yang rencana akan menjadi Martapura-Banjarbaru-Landasan Ulin-Liang Anggang-Gambut-Kertak Hanyar.

Yang terakhir materi narasumber dari Kepala Seksi Angkutan Darat M. Husin yang menyampaikan beberapa persyaratan untuk perpanjangan trayek, surat keterangan angkutan, dan sebagainya yg berkaitan dgn angkutan darat. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Indri)


Komentar