Dishub Banjar Gelar Monitoring Keselamatan LLAJ

Martapura, InfoPublik - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar laksanakan kegiatan Pengawasan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) di Area Terminal Martapura, Kamis (8/12/2022).

Titik-titik yang menjadi lokasi pengawasan LLAJ tersebut yaitu di Terminal Martapura,  Pasar Martapura dan di depan Mesjid Al-Karomah.

Kegiatan pengawasan ini dilaksanakan dengan membagikan surat imbauan keselamatan LLAJ dan memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan angkutan umum yang berada di area tersebut.

Dalam kegiatan pengawasan tersebut dipimpin langsung Kadishub Banjar Aspihani dengan mengerahkan sebanyak 12 personil untuk memberikan surat imbauan kepada para supir agar Melakukan uji kendaraan bermotor sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dan selalu membawa kelengkapan administrasi kendaraan bermotor, mulai surat KIR, STNK, kartu pengawasan izin trayek dan sim pengemudi.

Selain itu agar melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin/rump check sebelum berangkat dan setelah tiba sesuai ketentuan standar keselamatan dan melengkapi kendaraan dengan peralatan keselamatan misalnya alat pemecah kaca, alat pemadam kebakaran dan perlengkapan P3K.

Disiplin dalam berkendaraan, antara lain dengan tidak mengendarai kendaraanya secara ugal-ugalan, menjaga jarak aman, berhati-hati  saat kondisi jalan licin pada musim hujan, menggunakan sabuk pengaman serta tidak menggunakan handphone saat berkendara dan Tetap taat menerapkan protokol covid-19 serta segera vaksinasi bagi yg belum mendapatkan vaksin juga menjadi salah satu himbauan dari pengawasan tersebut.

Kendaraan angkutan umum dalam trayek apabila beroperasi menyimpang dari trayek yang telah ditetapkan maka wajib membuat surat izin insidentil di Dishub Kabupaten Banjar dan bagi kendaraan angkutan barang agar menyertakan keterangan muatan sesuai ketentuan. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Nisya)


Komentar