Dua Desa Kecamatan Gambut Ikuti Sosialisasi Pembangunan Desa Berintegritas

Gambut, InfoPublik - Inspektorat Daerah Kabupaten Banjar laksanakan Sosialisasi Pembangunan Desa Berintegrasi sebanyak 20 desa dari 19 Kecamatan, di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (7/12/2022).

Peserta dari Kegiatan ini Camat, Kasi Pemerintahan Kecamatan, sedangkan Desa dihadiri Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Pada kesempatan prosesi Pembukaan, sambutan dari M. Riyan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan beberapa hal terkait beberapa isu mengemuka diantaranya penyalahgunaan Dana Desa (DD), kurangnya pengembangan potensi melalui BUMDes dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD), Kedudukan BUMDes di Desa terkadang masih dianggap pesaing bukan mitra, kurang efisiennya pengelolaan BUMDes   serta status Badan Hukumnya, pengelolaan dan pendayagunaan aset desa belum dapat dimanfaatkan dengan baik dan kurang tertib, akuntabilitas keuangan Desa serta berbagai hal lainnya yang masih perlu penanganan dan pengelolaan dengan baik ke depannya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mokhamad Hilman mewakili Bupati Banjar menyampaikan beberapa hal terkait Pembangunan Desa diantaranya, bahwa seiring terbitnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa maka di tahun 2015 dikucurkanlah Dana Desa untuk pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, bahwa Pembangunan Desa tidak bisa lepas dan berjalan seiring dengan Visi Kepala Daerah hingga diharapkan pengelolaan Dana Desa dilakukan secara efektif, efisien dan akuntabel, dalam pelaksanaannya agar memperhatikan faktor sinergi dan kolaborasi.

Tujuan kegiatan ini diharapkan lahir 20 Desa menjadi rule model di Kabupaten Banjar yang bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.
 
Pada kegiatan ini Camat Gambut Ahmad Fauzan menyambut baik kegiatan ini sekaligus merasa  bersyukur dan tersanjung, karena bisa menempatkan 2 (dua) Desa yaitu Desa Malintang Baru dan Desa Tambak Sirang Baru sebagai Peserta Sosialisasi sedang Kecamatan lainnya hanya masing-masing 1 (satu) Desa. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar