DPMPTSP Barito Utara Studi Tiru Layanan Informasi Data Pengawasan di DPMPTSP Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar Menerima Kunjungan dari Studi Tiru tentang Layanan Informasi Data Pengawasan dan Pelayanan dari DPMPTSP Kabupaten Barito Utara di Mal Pelayanan Publik (MPP) Barokah, Kamis (24/11/2022).

Kunjungan DPMPTSP Kabupaten Barito Utara diterima oleh Sekretaris DPMPTSP Banjar Muhammad Ikhsan, Kepala Bidang Reklame, Sistem Informasi dan Pengaduan Hj. Emma Susanty, Kepala Seksi Pemantauan, Pembinaan dan pengawasan Pelaksana PM, Khairunnisa,  Analis Penanaman Modal, Muktihadi dan staf Bidang Reklame Muhammad Heldy.

Muhammad Ikhsan menjelaskan pada saat membuka acara untuk pelayanan DPMPTSP Banjar mempunyai tiga gerai pelayanan yaitu Mal Pelayanan Publik Barokah yang bertempat di pusat kota Martapura, Plaza Pelayanan Publik Kecamatan Simpang Empat dan Plaza Pelayanan Publik Kecamatan Gambut.

Mengingat wilayah Kabupaten Banjar yang luas diharapkan hal ini dapat mempermudah dan mengakomodir kebutuhan masyarakat Kabupaten Banjar akan pelayanan.

Emma Susanty menyampaikan bahwa Bidang Reklame, Sistem Informasi dan Pengaduan merupakan bidang yang menangani Bank Data atau Center Data.  Di bidang ini juga ada Operator Satu data yang nantinya akan menginput ke Aplikasi yang sudah disediakan oleh Diskominfo dan Persandian dan juga menjelaskan tentang SOP (Standard Operating Procedur) untuk Pelayanan, Konsultasi dan Pengaduan.

Khairunnisa menyampaikan Inovasi yang dimiliki DPMPTSP Banjar khususnya di Bidang Bidang Pengendalian Pelaksanaan PM & Informasi PM (Dalak) terkait dengan LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) yaitu JEMPOL LKPM (Jemput Bola) LKPM, dimana tim pada Bidang Dalam melaksanakan hal tersebut dengan langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada pelaku usaha atau perusahaan. 

Kemudian juga diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi tentang tata cara pelaporan LKPM kepada para Pelaku Usaha atau Perusahaan di Kabupaten Banjar.

Muktihadi menyampaikan bahwa Bidang PM merupakan bidang yang melaksanakan Kegiatan Perencanaan Penanaman Modal dan Potensi Investasi dan pada kesempatan ini menayangkan project Video Potensi Investasi yang ada pada DPMPTSP Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DPMPTSP)


Komentar