Meningkatkan Mutu Layanan, RSUD Raza Kembali Dilakukan Survey Akreditasi
Martapura, InfoPublik – Survey Akreditasi Rumah Sakit dan
Wawancara Pimpinan di RSUD Ratu Zalecha (Raza) dilakukan oleh Tim Surveyor
Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) di Lobby
Lantai II RSUD Ratu Zalecha, Martapura, Kamis (17/11/2022) pagi.
Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Sekda Banjar HM
Hilman menyambut baik atas dilaksanakannya Akreditasi Rumah Sakit sebagai wujud
pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit.
Hilman mengatakan dari hasil penilaian survey Akreditasi
tahun 2019 RSUD Ratu Zalecha mendapatkan penilaian dengan hasil akreditasi
utama.
"Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mendukung upaya
yang telah dilakukan segenap civitas RSUD Ratu Zalecha guna mendapatkan
predikat Paripurna agar pelayanan kepada masyarakat menjadi semakin baik dan
maju," kata dia.
Hilman berharap Survey Akreditasi ini menjadi momentum untuk
kesuksesan kita bersama dalam melaksanakan akreditasi dengan tujuan akhir lulus
terakreditasi.
Sementara Direktur RSUD Ratu Zalecha dr Tofik Norman Hidayat
menyampaikan bahwa Survey Akreditasi ini merupakan suatu kewajiban dari semua
Rumah Sakit di Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan bahwa Rumah
Sakit harus diakreditasi dalam 3 tahun sekali.
"Akreditasi ini dilakukan agar mutu pelayanan terjaga
sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan," ujar
Tofik
Ia berharap pada tahun ini Akreditasi RSUD Ratu Zalecha
menjadi Terakreditasi Paripurna.
Kabid Pelayanan Medik RSUD Ratu Zalecha drg Rahimayanti
menjelaskan rangkaian penilaian ini dimulai pada 15-18 November 2022 secara
daring dan luring.
"Pada hari ini penilaian secara luring atau langsung
dengan metode wawancara baik dengan Direktur juga melalui telusur
dokumen-dokumen dari RSUD Ratu Zalecha untuk memeriksa data di dokumen apakah
sesuai dengan kondisi di lapangan," jelas dia.
Ia menambahkan penilaian lain juga mengenai kualitas layanan
pasien untuk memastikan bahwa apa yang telah dilakukan di Rumah Sakit menjamin
keselamatan pasien dengan layanan yang berkualitas. (MC Kominfo Kab. Banjar/Faidillah/Hendra/Man)