Ajak Manfaatkan Lahan Pekarangan Dukung Program B2SA

Gambut, InfoPublik – Tim Penggerak PKK Kecamatan Gambut turut serta dalam gelaran aneka lomba dalam rangkaian Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2022, di Aula Sultan Sulaiman BKPSDM Kabupaten Banjar, Selasa (15/11/2022).

 

Salah satu Lomba Penyuluhan bagi Kader TP. PKK yang diikuti Kader TP. PKK Kecamatan Gambut Bibit Wahyuningsih.

 

Ketua TP. PKK Kecamatan Gambut Maya Handayani mengucapkan terima kasih kepada peserta penyuluhan Bibit Wahyuningsih dan berharap semoga akan lebih baik lagi di tahun-tahun akan datang.

 

Dalam penyampaiannya Bibit Wahyuningsih mengajak untuk bisa memanfaatkan pekarangan untuk mendukung pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

 

“Saya mulai belajar dan mengajak untuk lebih memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk ditanami umbi-umbian, seperti singkong, ubijalar, jagung, pisang, pepaya, jahe, kunyit, kencur, serai, jeruk lemon, jeruk nipis, daun salam, sebagian sebagai tanaman hijau di rumah dan tanaman obat keluarga yang dapat kita manfaatkan.

 

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa dalam keseharian kita harus menyajikan makanan yang terbaik untuk dikonsumsi keluarga, yakni makanan yang beragam, bergizi, berimbang dan tentunya aman.

 

Dimaksud beragam yaitu makanan yang dikonsumsi berbagai macam baik sumber makanan hewani ataupun nabati yang mengandung, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

 

Bergizi artinya makanan yang dikonsumsi harus mengandung gizi yang mana unsurnya dapat dimanfaatkan tubuh kita. Berimbang artinya makanan yang dikonsumsi harus seimbang karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang sesuai kebutuhan. Misal sesuai umur, jenis kelamin, aktifitas.

 

Aman artinya makanan terhindar dari bahan-bahan berbahaya, misal pormalin, bahan pengawet makanan berlebih, pertisida, borak yang mana bahan tersebut dapat merusak tubuh kita.

 

Hadir dari Kecamatan Gambut Camat Gambut Ahmad Fauzan, Ketua TP. PKK Kecamatan Gambut Maya Handayani, Sekretaris TP. PKK Kecamatan Gambut Mariya Ulfah, official, peserta lomba dengan jumlah 25 orang. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar