Tingkatkan Keterampilan, Disnakertran Bersama PKK Banjar Gelar Pelatihan Arguci

Martapura, InfoPublik – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menyelenggarakan kegiatan pelatihan kerajinan keterampilan tangan. Kegiatan pelatihan ini berupa pelatihan membuat arguci, Jumat (11/11/2022).

 

Arguci merupakan salah satu komoditi unggulan kerajinan tangan dari Kabupaten Banjar. Arguci sering digunakan untuk pelaminan, hiasan dinding, busana pengantin, kotak tisu, aksesoris gantungan kunci dan masih banyak lagi.

 

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 11 November 2022 sampai tanggal 15 November 2022. Instruktur didatangkan dari LPK Dahlia, yaitu Hj. Wahidah diikuti peserta 15 orang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banjar. Tidak hanya memberikan teori, tetapi juga praktik langsung dari Instruktur sebagai cara pembuktian berhasil atau tidaknya teori yang telah dipelajari oleh peserta.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas  yang membuka acara tersbut menyampaikan bahwa arguci bisa menjadi komoditi yang bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

 

Ia mengharapkan adanya pelatihan ini nantinya peserta bisa mewariskan ilmunya kepada sanak keluarga agar tidak habis dimakan zaman.

 

Selain itu Kepala Disnaker I Gusti Nyoman Yudianan mengharapkan peserta mampu memahami dan mengimplementasikan agar nantinya bisa menjadi manfaat.

 

Adanya pelatihan ini diharapkan peserta bisa meningkatkan kualitas dari kerajinan tangan berupa arguci, meningkatkan perekonomian keluarga, dan komoditi arguci tidak hilang dimakan zaman. (IP Kab. Banjar/Brigade Disnakertran)


Komentar