Ciptakan UMKM Mandiri, DKUMPP Fasilitasi Permodalan Pelaku Usaha di Kertak Hanyar

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar kembali melaksanakan kegiatan fasilitasi permodalan bagi usaha mikro, di Aula Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (10/11/2022).

Dimana pada kegiatan kali ini DKUMPP Banjar menggandeng  Bank Perkreditan Rakyat  (BPR)  Martapura dan BRI Unit Gambut  sebagai narasumber.

Acara yang dibuka oleh kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati didampingi oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Rudy Mulyadi, diikuti oleh 40 pelaku UMKM yang  ada di Kecamatan Kertak Hanyar.

I Gusti Made menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan informasi terkait program permodalan, dimana peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM sangatlah diperlukan dalam rangka menciptakan UMKM yang mandiri, maju dan naik kelas.

Materi yang diberikan Dari Bank Rakyat Indonesia Mengenai pengembangan Bisnis UMKM Melalui Kredit Usaha Rakyat BRI yang mana KUR Merupakan Kredit/Pembiayaan kepada individu /perseorangan, Badan Usaha dan / atau Kelompok Usaha Yang Produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan yang belum cukup (Unbankable). 

Tujuan KUR ini untuk Meningkatan dan memperluas akses Pembiayaan kepada usaha Produktif, Meningkatkan Kapasitas daya saing usaha mikro kecil dan menengah dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Materi Dari BPR Martapura Tumbuh dan Berkembang bersama UMKM menawarkan Produk Kredit Kurma Manis ( Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju , Mandiri dan Agamais ) adalah upaya Peningkatan Usaha Melalui Kredit Usaha Rakyat Daerah Kepada Pelaku Usaha Mikro di wilayah kabupaten banjar melalui kredit tanpa bunga dan tanpa biaya administrasi .

Penyaluran Kredit KURMA MANIS dalam pelaksanaannya Bekerjasama dengan Tim Teknis yaitu :

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tim Teknis bertanggung jawab dalam verifikasi, rekomendasi calon nasabah dan pembinaan nasabah.

Lanjutnya, Gusti Made mengharapkan dengan adanya dukungan dari pihak swasta ini agar dapat semakin memberikan manfaat yang optimal bagi UMKM dan semoga kedepannya pelaku UMKM kita semakin sejahtera dan semakin unggul. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar