DKUMPP Banjar Terima Kunjungan DKUKP Tanah Laut

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menerima kunjungan dan memberikan fasilitasi kegiatan pembelajaran lapangan UMKM dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. 

Kegiatan ini memberikan fasilitasi tempat pembelajaran yaitu di salah satu Kelompok Inklusif Kecamatan Martapura yaitu tepatnya di Gerai  yang berada di Jl. Sultan Adam No.11 RT.02 RW.03 Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kamis (3/11/2022).

Selain memberikan fasilitasi tempat pembelajaran juga memberikan fasilitasi narasumber dari Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Banjar bagi peserta pelatihan dari Kabupaten Tanah laut. 

Narasumber disini untuk memberikan “success story” dan motivasi bagi peserta pelatihan pembelajaran lapangan dari Tanah Laut. Salah satu  “success story” yaitu berkaitan dengan berhasilnya atau lulus kurasi oleh Bank Indonesia wilayah Kalimantan Selatan untuk bisa mengikuti pameran di Jepang dan akhirnya berdampak baik dan positif dengan tertariknya Negara Jepang dengan produk Kerajinan kita di Kabupaten Banjar. 

Selain itu juga salah satu motivasi dalam meningkatkan Sumber Daya manusia yaitu berkaitan dengan adanya kolaborasi pelaku usaha mikro kita dengan pihak Lembaga Permasyarakatan Perempuan Martapura. Kolaborasi ini sangat bermanfaat sekali bagi kedua belah pihak dan khususnya bagi para penghuni Lembaga Permasyarakatan Perempuan Martapura untuk mendapatkan bekal ketrampilan dan peluang usaha, hal ini akan menjadi lebih penting lagi ketika telah keluar dari Lembaga Permasyarakatan Perempuan Martapura dimana ketika harus kembali ke lingkungan masyarakat selain mental untuk menjadi lebih baik juga ada memiliki keahlian/ketrampilan yang dimiliki ketika peluang usaha untuk bekerja di perusahaan sangat tipis menerima keadaan mereka. 

“Diharapkan dukungan fasilitasi ini mampu memberikan informasi yang terbaik bagi pelaku usaha mikro maupun lembaga/instansi di Kabupaten Tanah Laut," ujar Kepala DKUMPP Banjar I Made Gusti Suryawati.

Selain itu juga, beliau menambahkan bahwa program dan kegiatan di DKUMPP juga terdapat fasilitasi Penyuluhan Keamanan Pangan, Fasilitasi Sertifikasi Halal, Fasilitasi Sertifikasi Merek (HAKI), Fasilitasi Permodalan (Kurma Manis dengan Bunga 0%), fasilitasi Pelatihan, Fasilitasi Pameran/pemasaran dan fasilitasi kemitraan dengan Indomaret maupun Alfamart dan fasilitasi Rumah Kemasan Banjar, Fasilitasi Workshop dan lain sebagainya.

Made juga menyampaikan bahwa tanpa UMKM perekonomian tidak akan bertahan sampai saat ini, sehingga sangat penting untuk kemajuan UMKM dimasa mendatang.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yang telah menjadikan DKUMPP Kabupaten Banjar sebagai lokus/tempat untuk pembelajaran lapangan. Dan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini telah terjalin silahturahmi antar lembaga antar daerah sehingga menambah khazanah tentang perkembangan UMKM yang sangat bermanfaat bagi Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar