Fasilitasi Izin Berusaha, I Gusti Made Harapkan Pelaku UMKM Semangat Kembangkan Usahanya

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Usah Mikro menggelar Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka Fasilitasi Kemudahan Izin Berusaha bagi pelaku usaha mikro, Selasa (1/11/2022).

Kegiatan ini diikuti 66 peserta pelaku usaha mikro Kabupaten Banjar dan benar-benar dihadiri oleh wajah-wajah baru/pemula pelaku usaha mikro. 

Proses penyaringan peserta pun dilakukan melalui tautan google form yang disebar secara online dan offline melalui surat undangan dan pengumuman di website resmi DKUMPP Banjar. Sehingga proses ini terjamin transparansinya. Peserta juga disaring dan melalui proses kurasi dengan syarat harus memiliki NIB juga belum pernah mengikuti penyuluhan keamanan pangan dan harus masyarakat Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda kedua setelah dilaksanakannya Penyuluhan Keamanan Pangan tahap I di tanggal 1 September 2022 lalu, Yang berhasil membawa 54 peserta dengan jumlah target tahun 2022 sebanyak 120 peserta.

Untuk pemenuhan target tersebut maka diperlukan 66 peserta di tahap kedua ini dengan proses yang lumayan lama mengingat bahwa minim nya pelaku usaha mikro yang melek teknologi. Tapi dengan penyebaran informasi dan pengumuman yang terus dilakukan secara berulang akhirnya jumlah peserta yang ditargetkan tercapai.

Materi dalam agenda penyuluhan kali ini disampaikan oleh beberapa Instansi yakni Dinas Kesehatan Banjar Rusmiati Agustina dengan pelajaran Teknologi proses pengelolan pangan yang baik untuk industry rumah tangga. 

Lalu disambung oleh Yuyun Purwaningsih dari Balai Besar POM Banjarmasin dengan pelajaran peraturan perundang-undangan di bidang pangan tentang persyaratan label, iklan pangan dan pencantuman label halal keamanan mutu pangan dan penggunaan bahan tambahan pangan. 

Dilanjutkan Rahmawati dari Poltekkes Banjarmasin dengan materi prosedur operasi sanitasi yang standar. 

Dan materi terakhir disampaikan oleh Iswidayati dari Badan Penanaman Modal dan PTSP Banjar dengan materi Etika Bisnis dan pengembangan jejaring bisnis penerbitan NIB dan PIRT Kegiatan ini pun di awali dengan pre-test dan ditutup dengan post-test untuk mengukur sejauh mana peningkatan pemahaman peserta.

Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati, mengaku sangat senang dan Bahagia bertemu dengan para pelaku usaha mikro dan beliau mengharapkan agar para pelaku usaha mikro tetap semangat untuk mengembangkan serta menaikan kelas usahanya.  

"Dengan diadakannya fasilitasi kemudahan izin usaha ini tentu menunjang produk-produk yang dijual oleh pelaku usaha mikro yang akhirnya meningkatkan kepercayaan konsumen tentang keamanan pangan produk yang dijual," ungkap Made.

Kepala Bidang Usaha Mikro Rudy Mulyadi menambahkan hal yang demikian dan mendukung para pelaku usaha mikro untuk lanjut ke tahap izin usaha Halal mendatang, agar produk-produk yang dihasilkan dapat bernilai kualitas dan kuantitas nya di masyarakat lalu harga jual dan omset pun dapat meningkat. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar