Sepekan Perhelatan MTQ Nasional, Membawa Berkat Pelaku UMKM di CBS Martapura

Martapura, InfoPublik - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke XXIX yang berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan benar-benar membawa berkah bagi para pelaku UMKM, tidak terkecuali bagi pedagang batu permata yang berlokasi di Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (18/10/2022) siang.

Menjelang penutupan event nasional tersebut, pertokoan CBS Martapura banyak dikunjungi para kafilah dari berbagai provinsi untuk mencari oleh-oleh.

Banyaknya jumlah pengunjung sejak sepekan terakhir membuat pedagang panen rezeki. Salah satunya adalah toko permata Kalimantan’s yang menyediakan souvernir dan oleh-oleh terlengkap.

Pemilik toko H Mulkani mengaku omzet penjualan sejak sepekan terakhir meningkat hingga 50 persen dari biasanya.

Menurutnya, para kafilah yang berburu oleh-oleh banyak mencari permata dengan jenis kalung, gelang, cincin hingga kain khas sasirangan.

” Alhamdulillah penghasilan meningkat sekitar 50 persen, mereka banyak mencari aksesoris gelang, kalung cincin dan kain, kalau mencari berlian tidak ada,” ucap dia.

Mulkani berharap even-even nasional seperti ini hendaknya acap kali digelar di Kalimantan Selatan, agar masyarakat lainnya juga bisa meraih penghasilan lebih.

Salah satu kafilah asal Kepulauan Riau M Rajab Novendi Hasibuan bersama rombongan mengaku harus beli oleh-oleh khas Kalsel untuk dibagi kepada keluarga.

” Saya baru dapat blangkon (peci sasirangan), baju bertuliskan Kalimantan dan sebagainya,” ucap dia.

Sementara terkait harga yang ditawarkan oleh pedagang menurutnya cukup terjangkau.

” Sebenarnya yang saya cari itu batu akik, tapi belum dapat,” ungkap dia. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ronny/Man)


Komentar