Gambut Tingkatkan Pengetahuan, Tertib Administrasi Kunci dalam Pembangunan

Gambut, InfoPublik - Kecamatan Gambut terus menerus berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan Perangkat Desa.

Melalui pelaksanaan Koordinasi pelaksanaan pembangunan kawasan pedesaan di wilayah Kecamatan bertempat di Aula Kecamatan Gambut, Rabu (13/10/2022).

Kecamatan Gambut memfasilitasi pembinaan administrasi pelaksanaan pembangunan.

Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan, Kepala Urusan Umum dan Perencanaan, Kepala Lingkungan 1 dan 2 sehingga masing-masing desa diwakili sebanyak 4 orang peserta 

Bertindak selaku Narasumber pada kegiatan ini adalah Tenaga Ahli di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar Muhammad Fahridi Ahyar.

Maksud dan Tujuan digelar kegiatan ini agar Perangkat Desa dapat memahami tugas dan fungsi (Tupoksi) masing-masing terkait pelaksanaan Pembangunan. 

Memiliki kesamaan interpretasi dan persepsi hingga perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Memperkuat pemahaman terhadap pentingnya membuat Perencanaan Pembangunan yang baik hingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Mampu melakukan koordinasi dengan semua pihak terutama dengan Pambakal, Perangkat Desa lainnya dan BPD.

Selain itu diharapkan semua proses pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat teradministrasikan dengan baik sesuai kaidah dan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan ini didukung penuh Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Gambut di bawah Ibu koordinator Iswara Wahyuni.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Gambut Ahmad Fauzan, dalam sambutannya pada kesempatan pembukaan ini berharap agar Perangkat Desa dapat melaksanakan Tupoksinya masing-masing dengan baik dan penuh tanggungjawab,  hingga data dan informasi yang diperlukan pihak terkait dapat dikerjakan dan tepat waktu.

Pada bagian lain juga disampaikan agar semua kegiatan pembangunan baik tahap perencanaan, pelaksanaan dan monitoring dan pengendalian dapat teradministrasikan dengan baik serta dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya. Jika ada kendala dalam pelaksanaannya agar dikomunikasikan dan dikoordinasikan di lingkup internal tuturnya menutup pembicaraan. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar