Dishub Banjar Ikuti Workshop Penilaian Maturitas SPIP Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka pembekalan mengenai tata cara penilaian mandiri penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi, maka dilaksanakannya workshop Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi bagi seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar. 

Kegiatan ini dilaksanakan, Kamis (13/10/2022) di Aula Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan pada Jalan Ahmad Yani Km. 32,5 Banjarbaru mulai pukul 08.00-16.30 WITA.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Banjar.. Dari Dishub Banjar dihadiri  Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan Aset Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar dan didampingi staf pelaksana.

Acara dibuka dengan sambutan dari Perwakilan BPKP dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar. 

SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah Negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

SPIP terdiri atas unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan, pengendalian, informasi dan komunikasi, pemantauan pengendalian intern. Pada kegiatan ini dilakukan paparan dari narasumber BPKP bagaimana mekanisme SPIP mulai dari berkas yang harus disiapkan, unsur yang dinilai serta tujuan penilaian SPIP. 

Setelah paparan dari narasumber, setiap peserta melakukan praktik input ke program excel meliputi sasaran program,  indikator kinerja program, sasaran kegiatan yang selanjutnya di import ke website SPIP. (IP. Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Wulan)


Komentar