HUT PMI ke-77, Bupati Banjar Lepas Karnaval Jalan Santai

Martapura, InfoPublik - Peran Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjar selama ini tidak diragukan lagi dari program yang telah dijalankan sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti menyediakan stok darah untuk siapa saja yang membutuhkan dalam keadaan darurat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat melepas karnaval jalan santai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-77 yang digelar di Halaman Kantor Bupati, Martapura, Sabtu (8/10/2022) pagi.

"Pada masa pandemi PMI Kabupaten Banjar telah banyak berkontribusi dan membantu pemerintah daerah dalam hal evakuasi ketika ada korban Covid-19 serta para relawan juga berkontribusi memberikan bantuan psiko sosial," ujar Saidi.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk semakin mengokohkan semangat kebersamaan dan juga berkomitmen membantu sesama dengan tulus ikhlas dengan berpegang teguh pada Tujuh prinsip dasar gerakan Internasional palang merah dan bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan dan kesemestaan tanpa berpihak pada golongan politik, ras, suku atau agama tertentu.

"Di momen HUT ke-77 PMI, saya mengajak semua untuk merapatkan barisan bersinergi membulatkan tekad, satukan niat dan langkah dalam bekerja untuk kemanusiaan," ajak Saidi.

Sementara, Ketua PMI Banjar Sunarto menjelaskan peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut tidak terhitung jumlahnya dari PMI tingkat kabupaten maupun kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Ia juga mengungkapkan stok darah yang tersedia sebanyak 115 kantong terdiri dari golongan darah A 36, B 26, O 44 dan AB 9.

Kegiatan pelepasan karnaval ini ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Banjar diiringi Drum Band Pesantren Hidayatullah Keraton Martapura dan dilanjutkan peserta PMI dari tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Banjar.

Adapun rute karnaval jalan santai dimulai dari Halaman Kantor Bupati Banjar keluar menuju Jalan A Yani, memasuki Jalan Sultan Adam dan finish di Stikes Intan Martapura. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Agusoke)


Komentar