Habib Jindan : Wali Lima, Kaum Arif Billah Yang Diberi Hidayah

Martapura, InfoPublik - Ribuan jamaah dari berbagai daerah Kota Martapura dan Sekitarnya memadati Haul Wali Lima di Kubah Keramat, desa Tunggul Irang Seberang, jalan Murung Kenanga, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (4/10/2022).

Nampak juga hadir Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wabub Habib Idrus Al Habsyie, para alim ulama, habaib, pejabat SKPD dan tokoh masyarakat tidak ketinggalan untuk mendapatkan keberkahan para Aulia.

Dalam sambutannya mewakili keluarga besar wali lima, KH Hasanuddin bin KH Badruddin menceritakan sekelumit riwayat hidup Shohibul haul.

Guru Hasanuddin mengatakan KH Abdurrahman merupakan ulama yang menimba ilmu agama melalui jalur non formal, yakni berguru kepada tuan guru Muhammad Said Wali Dalam Pagar. Terdorong untuk memperluas ilmu agamanya lalu beliau menuntut ilmu ke Mekkah Al Mukaramah berguru kepada Syekh Abu Bakar Syatta pengarang kitab Ianatut Thalibin.

"Dari KH Abdurrahman lah anak bersambung ke  cucu cucu nya belajar dan memperdalam ilmu agama sampai dikenal luas masyarakat. KH Ahmad Zaini merupakan Mufti dan KH Husin Qadri Qadi di Kerapatan Qadi Martapura dan masyhur dengan karya nya kitab Senjata Mukmin," ungkap dia.

Sedangkan guru Ibad sapaan akrab KH Badruddin lanjutnya merupakan ulama yang pertama kali mengembangkan Maulid Habsyie di Kalsel dan sekitarnya serta pimpinan Ponpes Darussalam Martapura. Sedangkan KH Muhammad Rosyad dikenal sebagai ulama yang tawadhu dan merakyat .

Sementara itu dalam tausiahnya Habib Jindan bin Novel dari Jakarta menjelaskan tentang keutamaan menjadi hamba Allah SWT.

" Tak dipungkiri wali lima yang kita hauli bersama ini merupakan kaum Arif Billah yang diberi hidayah oleh Allah SWT. Mereka hamba Allah yang seluruh hidupnya hanya mengabdi kepada sang pencipta. Kiprah dakwah dan warisan ilmu mereka  sekarang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk beribadah dan menyebarkan syiar syiar Islam di bumi Kalimantan," pungkas dia.

Adapun Haul Jamak wali lima yakni KH Abdurrahman ke 80, KH Ahmad Zaini  ke 59, KH Husin Qaderi ke 57, KH Badruddin ke 31, KH M. Rosyad ke 23 serta KH Muhammad bin Badruddin. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Agusoke)


Komentar