Kecamatan Aluh Aluh Gelar Rapat Koordinasi Pembakal

Aluh-Aluh, Info Publik – Pemerintah Kecamatan Aluh-Aluh melaksanakan Rapat Koordinasi Pambakal Desa, di Desa Handil Baru Kecamatan Aluh-Aluh, Selasa (13/9/2022).


Pambakal Handil Baru Hamdani, mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir di desanya.


Ia menyampaikan Profil Desa Handil Baru kepada yang hadir terutama kepada Kasi Kessos yang baru bertugas di Kecamatan Aluh-Aluh dengan tujuan agar mengetahui geografis Desa Handil Baru.


Camat Aluh-Aluh Aditya Yudi Dharma menyampaikan laporan terkait Pemerintahan desa yang harus diperhatikan lagi, masalah PPB harus disetorkan sebelum tanggal yang di tentukan, FKDM Kecamatan yang di agendakan oleh Kasi Trantib, terkait Pilkades serentak agar bisa sukses dan tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, Perbub jam kerja no 22 tahun 2022 untuk segera di terapkan di desa sebagai acuan dasar bagi Pambakal.


Yudi menambahkan desa diharuskan punya alat sendiri seperti alat timbang dan alat ukur bagi bayi dan balita. Kalau desa belum punya alat mohon di tahun depan di anggarkan di APBDesa tahun 2023. Terkait data yang di buat oleh kader itu di koordinasikan dulu dengan Pambakal sebelum data tersebut dikirim ke Puskesmas, agar data akurat dan dapat di pertanggung jawabkan oleh Pambakal, UngkapNya lagi


Ketua Apdesi Kasmayuda menyampaikan, terkait pelatihan penguatan Seskeudes di awal bulan November segera dilaksanakan, sedikit nya dua orang per desa.


"Terkait anggaran insentif para kader desa yang khusus bertugas penanganan stunting penganggarannya di samakan se Kecamatan agar tidak terjadi gejolak antar desa," ungkap dia.


Dikatakannya, Penyampaian hasil RDP dengan disduk capil yang belum menemukan hasil terkait keinginan oleh Pambakal agar birokrasi tidak terlalu panjang dan ribet.


Pendamping desa Ade Setiawan, menyampaikan honor diseragamkan untuk kader, khusus KPM untuk di tingkatkan mengingat tugas yang cukup berat oleh kader tersebut.


"Pelatihan seskeudes bisa dikoordinasikan dengan Apdesi, dengan pendamping desa,  dengan harapan semua desa bisa mengikuti Bimtek tersebut degan tujuan petugas yang di bimbing dan dilatih bisa menggunakan input seskeudes sendiri tidak tergantung lagi dengan pihak pihak tertentu," ujar dia.


Ade Setiawan mengharapkan pendamping agar pemerintahan desa bisa menjalin hubungan baik dengan BPD. (IP Kab. Banjar/ Brigade Rudiansyah Kecamatan Aluh-Aluh) 


Komentar