Kecamatan Gambut Turut serta Lomba memasak Aston Hotel Banua.

Gambut, InfoPublik - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Banjar dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menggelar Cooking Competition (kompetisi memasak) antar DWP dan kader PKK se Kabupaten Banjar di Saffron Aston Banua Hotel, Sabtu (10/9/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas menyampaikan kenapa pada lomba ini mengangkat ikan paten, karena potensi terbesar di Kabupaten Banjar. 277 desa yang kebanyakan berada di bantaran sungai, yaitu 153 desa yang hidup dan pencarian di sungai. 

"Terkait tingginya stunting yaitu 13 persen, dan ini adalah tugas semua pihak oleh sebab itu pemerintah daerah mengajak untuk menangani ini," ujar dia.

Salah satunya mengapa konsumsi ikan kita rendah. Maka untuk itu pada kesempatan ini yang jadi peserta adalah semua istri kepala SKPD atau yang mewakili yang tergabung dalam Darma Wanita Persatuan (DWP) dan istri Camat se Kabupaten Banjar yang merupakan Ketua TP. PKK. Supaya mereka dapat mengajak meningkatkan konsumsi ikan.

Menghadirkan juri Executive chef Aston Banua Chef Sobari  dan juri tamu chef Babeh serta MC Denni & Eka.

Juga hadir Camat se Kabupaten Banjar, SKPD, GM Aston Banua Hotel Dikdin Solehudin.

Kegiatan diikuti oleh 15 tim memasak dari Darma Wanita Persatuan (DWP) dan Tim Penggerakan PKK Kecamatan se Kabupaten Banjar. Peserta diberi waktu memasak selama 90 menit.

Tim peserta presentasi dimeja masing-masing dan chef mendengar, melihat dan mencicipi masakan sambil menilai hasil dan tampilan masakan dan kekompakan tim.

Sedangkan katagori penilaian yaitu, rasa, presentasi, kebersihan, kekompakan.

Melihat hasil masakan peserta dua juri hari ini berkomentar singkat, Chef Babeh katakan "kreatif" dan Chef Sobari katakan "Wow"

Sebagai Juara adalah Tim Pasbaubar (Pasar Bauntung Batuah, Baramarta) Juara I dari Darma Wanita Persatuan (DWP), Tim Papikat Manis (Kecamatan Kertak Hanyar dan Tatah Makmur) Juara I dari TP. PKK Kecamatan, dan Tim Kecapi (Cintapuri dan Martapura Barat) juara harapan. Dan Juara yel-yel adalah Tim Mataraman Bershalawat (Kecamatan Mataraman).

Salah satu dari 15 tim hadir Gatan (Gambut dan Karang Intan), menurut Maya Handayani Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gambut yang terpenting bisa berpartisipasi dalam kegiatan walau belum bisa juara.

Para juara mendapatkan Piagam Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar, peralatan elektronik, tap cash BNI, voucher menginap, voucher berenang, goodie bag. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar