Detik-Detik Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Kecamatan Astambul

Astambul, InfoPublik – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Astambul Rabu (17/8/2022) berlangsung khidmat dan lancar.

 

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Camat Astambul Ahmad Fauzi sebagai Inspektur Upacara dan Sertu Suwarno dari Koramil Astambul sebagai Komandan Upacara dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Banjar daerah pemilihan Astambul, Forkopimcam, para Pembakal 22 Desa se-Kecamatan Astambul beserta ibu ketua PKK desa, Unsur ASN, Linmas dan Anak-Anak Sekolah.

 

Yang bertugas menjadi Pasukan Pengebar Bendera merupakan gabungan siswa-siswi dari sekolah MAN 2 Banjar, MA Al-Irsyad Sungai Tuan dan SMK Islami Al-Fattah Sungai Tuan dengan pembawa Baki Laila Sifawati dari MAN 2 Banjar. Adapun paduan Suara diisi oleh siswa-siswi SMPN 1 Astambul.

 

Selama peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan para pedagang di Pasar Astambul diminta untuk menghentikan sementara proses jual beli dan ikut menghormati Sang Merah Putih. Hal ini semakin menambah haru moment peringatan kemerdekaan pada saat itu. Untuk diketahui letak Pasar Astambul tepat berseberangan dengan kantor Kecamatan Astambul

 

Naskah Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Sarpani yang merupakan Pensiunan ASN Guru.

 

Camat Astambul Ahmad Fauzi Selaku Inspektur Upacara menyampaikan dengan peringatan kemerdekaan ini untuk kembali mengenang jasa pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan lebih baik agar bangsa ini menjadi bangsa yang besar seperti menjadi harapan pendiri bangsa ini.

 

“Mari kita mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan kegiatan positif, memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Bersama-sama persatuan kembali, jauhkan perbedaan untuk Indonesia yang lebih baik," kata dia.

 

Usai peringatan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, diadakan acara tambahan yakni mengumumkan dan membagikan piala dan sertifikat Lomba antar Desa se-Kecamatan Astambul yang meliputi Lomba Kebersihan Lingkungan Desa, Pembakal Terfavorit, dan Lomba Desa Aktif, tertib dan Kooperatif.

 

Desa Lokgabang menjadi Juara 1 pada Lomba Kebersihan Lingkungan Desa, disusul Desa Sungai Tuan Ilir sebagai Juara 2 dan Desa Tambangan sebagai Juara 3. Adapun yang menjadi Juara 1  Lomba Desa Aktif, tertib dan Kooperatif adalah  Desa Kelampaian Ilir, kemudian Desa Pingaran Ilir sebagai Juara 2 dan Desa Kelampaian Ulu sebagai Juara 3. Lomba Pembakal Terfavorit jatuh kepada Pembakal Desa Danau Salak Ahmad, SE sebagai terfavorit 1, Pembakal Desa Sungai Tuan Ilir Jaelani sebagai terfavorit 2 dan Pembakal Desa Pingaran Ulu Halimi SM sebagai terfavorit 3.

 

Pemerintah Kecamatan Astambul juga memberikan penghargaan terhadap Desa Inovatif Pelayanan Administratif Online ‘Lumbung Digital” kepada Desa Pasar Jati.

 

Meski sempat diguyur hujan lebat, upacara Penurunan Merah Putih tetap dilaksanakan di sore harinya pada pukul 17.00 WITA. Yang bertugas membawa Baki Nor Salehah dari MA Al-Irsyad Sungai Tuan.

 

Ahmad Fauzi mengungkapkan meski cuaca gerimis namun tidak mengurangi semangat seluruh peserta upacara. (IP Kab. Banjar/Brigade Astambul/Gazalirahman)


Komentar