Upacara Taptu Meriahkan Malam HUT ke-77 RI di Martapura

Martapura, InfoPublik - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan memiliki tradisi yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat.

Tradisi itu adalah Upacara Taptu atau Pawai Obor pada malam hari yang diiringi dengan musik Marching Band dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjar.

Dalam upacara tersebut hadir Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie, Unsur Forkopimda dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Taptu Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani depan Pendopo Bupati Banjar, Selasa (16/8/2022) malam pukul 20.00 Wita.

Malam HUT Kemerdekaan RI di Kota Martapura, Kabupaten Banjar berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pada kegiatan tersebut Doni Hadi Santoso menyalakan Api Obor secara simbolis kepada Ketua Kwartir Cabang Banjar Hj Nurgita Tiyas sebagai tanda dimulainya arak arakan obor. Pawai ini juga disambut antusias oleh masyarakat Martapura.

Upacara Taptu dan pawai obor sendiri diikuti anggota TNI/Polri, Brimob, Satpol PP, Damkar, PMI, KNPI dan beberapa Ormas serta anggota Pramuka dari tingkat SMP juga SMA.

Rute yang dilalui yakni Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Pangeran Abdurrahman, Jalan Pangeran Hidayatullah dan kembali ke Halaman Kantor Bupati Banjar sebagai titik kumpul terakhir arak arakan obor. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Agusoke)


Komentar