Mahasiswa ULM Lakukan Kegiatan KKN di Desa Kecamatan Aranio

Aranio, InfoPublik - Camat Aranio Harjunaidi membuka secara resmi Kegiatan KKN Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi ULM untuk terjun ke desa di Kecamatan Aranio, Kamis (4/8/2022).


Tujuan dilaksanakannya KKN di Kecamatan Aranio, adalah untuk memberikan pembekalan kepada Para Mahasiswa yang hampir menyelesaikan tugas akhirnya pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ULM, agar Mahasiswa mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman terjun langsung di masyarakat untuk bekal nantinya jika sudah menyelesaikan studinya dan kembali lagi ke masyarakat.


Banyak potensi-potensi yang bisa dikembangkan di Kecamatan Aranio, khususnya sektor Pariwisata dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada.


Oleh karena itu KKN kali ini mengusung Thema : Membangun Komunikasi Pariwisata dan Partisipasi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal.


Jumlah Peserta yang mengikuti KKN sebanyak 46 orang, didampingi Dosen Pembimbingnya, dengan waktu KKN selama kurang lebih 1 bulan, demikian ungkap Siswanto Rawali selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi ULM dalam kata sambutan pembukaannya.


Harjunaidi menyampaikan Apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya KKN oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi ULM di Kecamatan Aranio.


Camat berpesan kepada Mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan masyarakat setempat, artinya Mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan keseharian masyarakat yang menjadi tujuan KKN.


"Banyak potensi-potensi yang ada di desa yang bisa dikembangkan, seperti sektor Pariwisata, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan, namun kearifan lokal harus tetap dijaga dengan baik," ucap dia.


Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Mahasiswa adalah melapor kepada Pambakal yang menjadi tujuan KKN, dan lakukan koordinasi dengan sebaik-baiknya.


Sementara dari Pihak Polsek Aranio, juga menyampaikan pesan kepada Mahasiswa untuk menjaga diri sebaik-baiknya, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk masyarakat yang menjadi tujuan KKN.


Gunakan Alat Angkutan Penumpang Air yang Standar, dan hindari memakai perahu kecil (Motor Chess), karena sangat rawan kecelakaan terlebih kalau tidak bisa berenang.


Diingatkan juga oleh Polsek Aranio, bahwa wabah Covid-19 belum dinyatakan berakhir, lonjakan kasus covid-19 perlu diwaspadai.


Mahasiswa yang terjun ke desa wajib Vaksin, minimal Vaksin ke-2 Hal ini untuk sama-sama menjaga agar jangan sampai terjadi kehadiran Mahasiswa ke desa justru membawa penyakit atau musibah bagi masyarakat, karena kesengajaan atau kelalaian dari Mahasiswa.


Bagi peserta KKN yang belum Vaksin diharapkan dapat menghubungi Polsek Aranio untuk difasilitasi mendapatkan Vaksin yang sesuai, demikian ungkap Aipda Yahinuddin mewakili Kapolsek Aranio.


Semoga KKN kali ini memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kecamatan Aranio, untuk mendukung  Kabupaten Banjar yang MANIS (Maju, Mandiri dan Agamis). (IP Kab. Banjar/Brigade Aranio/Nono)


Komentar