Banjar Terima Dua Tenaga Kesehatan Nusantara di Tahun 2022

Banjar Terima Dua Tenaga Kesehatan Nusantara di Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Nusantara Sehat merupakan upaya kesehatan terintegrasi mencakup aspek preventif, promotif, dan kuratif melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTKP) serta daerah Bermasalah Kesehatan (DBK). 

Dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif dan preventif, Kementerian Kesehatan RI meluncurkan Program Nusantara Sehat (NS) sebagai salah satu prioritas kunci lima tahun ke depan.

Di Tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mendapatkan jatah 2 orang Tenaga Kesehatan yaitu profesi Bidan dan Perawat yang di serahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu dr. H. Diauddin, M.Kes beserta jajarannya dan terima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang di wakili oleh Kepala Seksi Data Informasi Kesehatan dan SDMK Dinkes yaitu Sutiyono bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (2/8/2022).

Setelah di terima oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar 2 Orang tenaga Kesehatan Nusantara Sehat ini akan di tempatkan dan membantu  di UPT. Puskesmas Sungai Pinang kabupaten Banjar selama 2 tahun pengabdian.

Tim program NS ini adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang medis seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian yang berusia di bawah 30 tahun. 

Seperti ditetapkan oleh Menkes atas persetujuan Menteri Keuangan, tim NS akan diberi gaji/insentif. Di Tahun 2022 ini jatah untuk Nusantara sehat Kalimantan Selatan cuma dapat jatah 3 orang, 2 orang untuk Kabupaten Banjar dan 1 orang untuk Kabupaten Kota Baru.

Program Nusantara sehat ini secara umum bertujuan mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat, terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok Nusantara. Untuk itu, penguatan layanan kesehatan berbasis tim tenaga kesehatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar