Disdik Banjar Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD HI

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Paud PNF/kesetaraan gelar Bimbingan tekhnis peningkatan kapasitas penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022 di Aula KH,Kasyful Anwar, Selasa (2/8/2022).


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 


Tujuan utamanya adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak. 


Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Menjelaskan bahwa pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.


Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny mengharapkan, Mudah mudahan tujuan kegiatan ini tercapai yaitu meningkatkan kapasitas pengelola Paud agar bisa melaksanakan Paud Holitistik Integratif ini secara maksimal dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait disekitarnya dan di Kabupaten Banjar sehingga Satuan Pendidikan menjadi berkualitas baik pendidik maupun siswanya.


Karena Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten yang mendapat bantuan penyelenggaraan pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (HI) Tahun 2022 dari Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 


"Oleh karena itu mari kita manfaatkan kegiatan ini dengan belajar bersama sama untuk kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Banjar," ucap dia.


Dia juga menambahkan perlu kita ketahui layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat dan orang tua, sesuai dengan Perpres Nomor 60 tahun 2013.


Kepala Bidang PAUD, PNF/ Kesetaraan Jahriah, menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas bantuan Direktorat Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia. 


Sesuai dengan pedoman ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dari dana bantuan tersebut diantaranya pelaksanaan Bimbingan tekhnis peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD HI tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022 dengan peserta sebanyak 110 orang dengan prioritas yang mengikuti bimtek adalah 100 satuan Paud penerima bantuan UKS.


Pelaksanaan Bimtek selama 3 hari dari tanggal 2 s.d 4 Agustus 2022 bertempat di Aula K. Kasyful Anwar dan dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar juga dihadiri Kasi PNF/Kesetaraan, Kasi PAUD, Kasi PTK PAUD.  


Narasumber adalah fasilitator PAUD HI sebanyak 10 orang yang terdiri dari unsur pengawas, Pengurus PKG Paud, Pengurus Himpaudi, IGTKI, Praktisi/ Akademisi Paud dan Kepala Satuan Paud yang mana sebelumnya para fasilitator telah diberikan bimbingan tekhnis penguatan calon fasilitator Paud HI.


Sebelum kegiatan dimulai dilaksanakan Pretest terlebih dahulu dan nanti disaat penutup akan dilaksanakan posttes kepada peserta dengan tujuan untuk menunjukkan efektivitas, maupun progres sebelum dan sesudah kegiatan bimtek. 


Nantinya data yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan refleksi untuk menganalisa sejauh mana efektivitas Bimtek tersebut. dan dalam satu bulan ke depan Dinas Pendidikan akan melaksanakan pendampingan kepada satuan pendidikan paud yang mengikuti Bimtek ini guna mengetahui penerapan Paud Holistik Integratif pada satuan pendidikan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar