Gelar Parade Busana Banjar, Nurgita Tiyas Ajak Anak Muda Bangga Kenakan Pakaian Daerah

Martapura, InfoPublik – Diharapkan Festival Budaya Banjar menjadi event bagi anak muda berkreasi dalam parade busana Adat Banjar selain juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas pada pembukaan Parade Busana Adat Banjar, di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (26/7/2022).

 

Dikatakan Nurgita Tiyas melalui even ini dirinya ingin mengangkat Budaya Banjar untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat seperti perkebunan melati, para perias pengantin serta dekorasi.

 

"Kami bangga mengenakan Sasirangan dan kain Air Guci di mana menurut sejarah air guci ini hanya dipakai oleh para bangsawan dan kerajaan," ujar dia.

 

Ia berharap event ini menjadi ikon anak muda Kabupaten Banjar yang kuat bukan hanya sekedar penampilan tetapi juga berkarakter Islami.

 

Pada kegiatan Parade Busana Adat Banjar ini diikuti 20 Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Banjar.

 

Adapun pemenang pada Parade Busana Adat Banjar ini Juara I Kecamatan Kertak Hanyar, Juara II Tatah Makmur dan Juara III Sambung Makmur.

 

Sedangkan Harapan I Martapura Barat, Harapan II Gambut, Harapan III Karang Intan dan Juara Favorite diraih Aluh-Aluh.

 

Diakhir kegiatan juga dilaksanakan Parade Bangga Bersasirangan oleh Nanang Galuh Intan Kabupaten Banjar, di mana kain Sasirangan tersebut merupakan karya dari Isro Arrofiq Desainer Dekranasda Banjar.

 

Hadir pada kegiatan ini Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie, Forkopimda beserta istri, Ketua I TP PKK Hj Fatmawati, Para Kepala SKPD dan istri, tokoh agama, kepemudaan serta masyarakat. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Paris/Agusoke)


Komentar