Lestarikan Adat, Bupati Buka Festival Budaya Banjar 2022

Martapura, InfoPublik – Dalam rangka menghidupkan serta melestarikan adat dan budaya Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata melaksanakan Festival Budaya Banjar Tahun 2022 sekaligus rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupten Banjar ke-72, di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (26/7/2022).

 

Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka resmi acara ini menginginkan event Festival Budaya Banjar dapat menggeliatkan dan menghidupkan ekonomi bagi para pelaku usaha kecil menengah.

 

"Khususnya pegiat budaya dan usaha di bidang decor dan tata rias penganten yang ada di Kabupaten Banjar, juga sentra perkebunan bunga lokal dan para perajin bogam melati, kalau selama ini belum ada event semacam ini, maka yang akan datang saya berharap dapat kita fasilitasi untuk dibina dan diberikan ruang berkarya,” harap Saidi.

 

Ditambahkannya, Kabupaten Banjar sudah sangat dikenal dengan kebudayaan dan kesenian yang bernafaskan Islami.

 

" InsyaAllah dengan menggemakan syair dan lantunan sholawat, melalui pembacaan syair maulid habsyi, sinoman hadrah dan penampilan rudat, masyarakat kita di Kabupaten Banjar akan selalu dalam suasana rukun dan aman berkah untuk semua," tambah dia.


Saidi juga mengharapkan dengan mengangkat budaya leluhur Banjar akan mampu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.


Pembukaan Festival Budaya Banjar ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman dan Forkopimda Banjar beserta istri.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan launching program Pelajar Tahfiz yang Maju, Mandiri dan Agamis (PETAH MANIS), penyerahan Al-Qur’an secara simbolis kepada M Yasser Anggara S A, siswa SMPN 1 Martapura, penyerahan piagam penghargaan kepada anak muda kreatif yaitu Muhammad Isro Arrofiq Pelopor Desainer Busana Kreatif, Sufian Saufi  MUA, Penata Rias Tradisional Banjar Kreatif dan penyerahan hadiah Busana Adat Banjar terbaik kepada Camat beserta Ketua TPP PKK Kecamatan oleh Bupati Banjar didampingi istri.

 

Turut hadir dalam acara ini para Assisten, Staf Ahli Bupati Banjar, Kepala SKPD Banjar Direktur Perusahaan Daerah, para Camat se-Kabupaten Banjar beserta Isteri, para tokoh Budaya dan masyarakat Kabupaten Banjar. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif’ah/Paris/Agusoke)


Komentar