Disbudporapar Gelar Sosialisasi Perda Banjar Terkait Kepemudaan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banjar Nomor 1 Tahun 2021 tentang Kepemudaan, di Aula Disbudporapar Kabupaten Banjar, Senin (25/7/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disbudporapar yang diwakili Kabid Kepemudaan Noor Syawli Syahri. Serta dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Farid Wajidi, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan OKP Gusti Muhammad Syahrizal.

Noor Syawli Syahri menyampaikan bahwa keikutsertaan masyarakat serta pemuda dari Kabupaten Banjar dalam Sosialisasi Perda Kepemudaan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam rangka melaksanakan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan potensi kepemimpinan, kewirausahaan serta kepeloporan pemuda dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

"Guna mewujudkan pemuda daerah yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap dia.

Dikatakan Syawli, kegiatan Sosialisasi ini diisi dengan pemaparan materi Perda No. 1 Tahun 2021 tentang Kepemudaan oleh Kabid Kepemudaan, serta diskusi/dialog interaktif dengan semua peserta. 

Kemudian secara bergantian materi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang dijelaskan oleh Penyuluh Kepemudaan Nor Amalia dan Fatma Nurussakinah. 

Salah satu peserta sosialisasi dari KNPI melalui Sekretaris Umumnya, M. Wahyu Pratama menyampaikan ucapan terima kasih atas keberadaan kantor Sekretariat KNPI yang baru dan berniat menjadikan kantor tersebut sebagai wadah tempat berkumpulnya pemuda dan organisasi kepemudaan se-Kabupaten Banjar.

Lebih lanjut, Syawli juga mengapresiasi sekaligus meminta kekompakan semua OKP untuk bersinergi dalam semua kegiatan pemberdayaan dan pengembangan pemuda Kabupaten Banjar, terkhusus lagi dalam upaya menaikkan predikat Kabupaten Layak Anak yang telah diperoleh Kabupaten Banjar dari kategori Pratama menjadi kategori Madya.

Ditambahkan Syawli, pihaknya akan lebih intens lagi mengadakan kegiatan kemitraan dalam bentuk pertemuan dengan semua OKP dan unsur pemuda lainnya se-Kabupaten Banjar, paling tidak dalam waktu minimal 1 bulan sekali. 

"Selain itu juga pihaknya akan memanfaatkan media komunikasi dengan para pemuda Kabupaten Banjar yang lebih menjangkau ke seluruh pelosok Kabupaten Banjar melalui siaran podcast atau live streaming semua kegiatan kepemudaan yang dilaksanakan," pungkas dia.

Terakhir ditutup dengan materi perkenalan aplikasi Hibah untuk Organisasi Kepemudaan oleh Fathurrahman, Pengadministrasi Pembinaan dan Kemitraan Pemuda.

Sosialisasi yang melibatkan kehadiran pemuda dari sekolah menengah atas dan perguruan tinggi serta anggota organisasi kepemudaan se-Kabupaten Banjar, antara lain dari KNPI, GP Ansor, PMII, IMM, IPM, Karang Taruna, Pramuka, IPNU, IPPNU, FKMKB, FKP, PPMI, PPI, HIPMI, PMR, Pepelingasih, Pemuda Pancasila, OSIS SMAN 1 Martapura, OSIS SMAN 2 Martapura, OSIS SMA Muhammadiyah Martapura, DEMA IAI Darussalam, DEMA STIKES Intan Martapura dan DEMA UNU Kalsel. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar