Setelah Bakuntau, Sinoman Hadrah Digelar Kembali di Festival Budaya Banjar 2022

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-72 dan juga dalam rangka pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata daerah.

Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar melaksanakan event Festival Budaya Banjar, di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Senin (25/7/2022) pagi.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudporapar Kabupaten Banjar Tisnohadi Harimurti menyampaikan bahwa untuk memeriahkan HUT RI ke-77 dan Harjad Kabupaten Banjar ke-72, ada 4 kegiatan Festival yang kita laksanakan dari mulai hari ini 25 Juli 2022 sampai dengan 4 Agustus 2022 mendatang.

“Kegiatan Festival Budaya Banjar terdiri dari Festival Sinoman Hadrah dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 bertempat di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS). Festival Busana Adat Banjar dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 bertempat di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS),” tutur dia.

Selain itu juga Festival Maulid Habsyi dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 Agustus 2022 bertempat di Aula Disbudporapar dan Festival Rudat dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Agustus 2022 bertempat di Aula Disbudporapar Kabupaten Banjar.

“Festival Sinoman Hadrah yang kita gelar hari ini merupakan pembuka kegiatan Festival Budaya Banjar yang akan kita laksanakan sampai dengan 14 Agustus 2022 mendatang yang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 72,” ungkap dia.

Untuk Festival Sinoman Hadrah, Tisnohadi menuturkan bahwa ini adalah untuk masyarakat umum, siapapun bisa ikut asal ada grup Sinoman Hadrah, Adapun untuk pakaian adat Banjar, ini pesertanya adalah Camat bersama Ketua TP PKK Kecamatan.

Wahidah, salah satu warga menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini menjadi hiburan bagi kita sebagai masyarakat, apalagi di Martapura jarang ada kegiatan seperti ini.

“Namun (kalau) ada acara yang seperti ini menjadi hiburan bagi kita, apalagi seperti festival Sinoman Hadrah yang dilaksanakan hari ini di taman CBS,” ujar dia.

Ia berharap kegiatan seperti ini sering sering dilaksanakan, dan tentunya dengan kegiatan seperti ini selain melestarikan budaya Banjar juga menjadi tuntunan yang menarik bagi warga. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ainuddin/Agusoke/Man)


Komentar