Dinas Pertanian Banjar Awasi SOP Pemotongan Hewan Kurban

Martapura, InfoPublik - Iduladha merupakan kegiatan keagamaan umat muslim yang pasti diperingati setiap tahunnya yang dibarengi dengan ibadah kurban, serta saat di mana kita berkumpul bersama keluarga.

 

Namun, tidak berlaku bagi rekan-rekan dari Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Banjar. Disaat orang lain berkumpul bersama sanak saudara, tim dari Bidang Keswan dan Kesmavet yang dikepalai oleh drh. Lulu Vila Vardi ini justru sebaliknya. Mereka melakukan kegiatan yang rutin dan harus dilakukan setiap tahunnya yakni Kegiatan Pemantauan Hewan Kurban 1443 H/2022 M di Wilayah Kabupaten Banjar.

 

Pukul 08.30 Wita tim berkumpul di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Banjar setelah sebelumnya melaksanakan salat Ied bersama di Masjid Agung Al-Karomah Martapura serta mengikuti Kegiatan Penyerahan Sapi kurban Presiden kepada Ketua Pengurus Masjid Agung Al-Karomah yakni KH Hasanuddin Badruddin, serta didampingi tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, BPTU Pelaihari, B-VET Banjarbaru, dan hadir pula Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar yakni H Dondit Bekti Agustino, Minggu (10/7/2022).

 

drh. Lulu Vila Vardi selaku Kabid Keswan dan Kesmavet membagi tim jadi beberapa kelompok untuk menyebar ke beberapa titik lokasi guna mempercepat proses pemantauan hewan kurban.

 

Selain itu masing-masing Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) pada 20 Kecamatan di Kabupaten Banjar juga melakukan hal yang sama, untuk memberikan kenyamanan serta kelancaran ibadah Kurban di masing-masing wilayah penempatannya. Dan sebagaimana untuk diketahui, bahwa Kegiatan Pemantauan Hewan Kurban ini dilakukan selama 2 (dua) hari yakni pada Minggu dan Senin, 10-11 Juli 2022. Sebab di masing-masing titik lokasi ada yang melakukan ibadah kurban pada hari Minggu dan Senin.

 

Tim yang mengawasi kegiatan kurban di berbagai titik lokasi tersebut melakukan pengecekkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemotongan hewan kurban, sanitasi atau pembuangan limbah kotoran Kurban, serta melakukan pengecekkan kebersihan pada organ hati hewan Kurban.

 

Hal tersebut penting dilakukan agar ibadah kurban di wilayah Kabupaten Banjar berjalan dengan baik serta mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang marak terjadi di berbagai wilayah se-Nusantara.

 

“Selamat Hari Raya Iduladha 1443 H, semoga segala kegiatan kita selalu diberikan kemudahan serta kelancaran dan kita semua selalu diberikan keberkahan yang melimpah oleh Allah SWT, serta menjadikan ibadah kurban ini sebagai ladang ibadah untuk semua umat dan tempat kita mempererat tali silaturrahmi satu sama lain,”ujar Lulu Vila Vardi. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar