BPP Gambut Laksanakan Latihan Hitroponik Bagi Pemuda

Gambut, InfoPublik - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gambut laksanakan Pelatihan Tematik Hitroponik, di Aula Kantornya, Rabu (22/6/2022).

Acara dibuka oleh Koordinator BPP Gambut Hj. Wahidah dengan Peserta 25 orang dari perwakilan desa se Kecamatan Gambut.

Wahidah mengharapkan dengan diadakan pelatihan ini bisa bermanfaat kebutuhan di rumah dan bisa menjadi peluang usaha di bidang pertanian, mengingat lahan semakin sedikit untuk berkebun.

Pemberi materi PPL Wilayah Binaan Kelurahan Gambut Barat dan Desa Banyu Hirang Rita Astika. 

Kegiatan terbagi dua teori dan praktik langsung pelaksanaan kegiatan bertanam dengan teknik hitroponik.

Disampaikannya hitroponik adalah salah satu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan hara netrusi bagi tanaman. Juga disampaikan prospek, kelebihan dan kelemahan, syarat dan bahan hitroponik.

Milawati Dewi dari desa Banyu Hirang menanggapi bahwa pelatihan tematik hidroponik ini sangat sangat berguna baginya, selain menambah ilmu dan wawasan hal ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan hingga skala besar. 

Ditambahkannya di samping itu di BPP Gambut langsung mengajarkan praktik bukan hanya teori jadi sangat mudah untuk dipahami ketimbang belajar via internet. 

Fauziah Aprida dari Tambak Sirang Laut menyampaikan dengan adanya pelatihan tematik hidroponik saya sangat senang termotivasi dan berbahagia karena banyak ilmu di dapat, menambah teman dan harapannya semoga bisa mengaplikasikan dan bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya. (IP Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar