Karyawan Bakesbangpol Banjar Lakukan Deteksi Dini Pemeriksaan IVA dan Narkoba

Martapura, InfoPublik- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar mendapatkan layanan Kesehatan berupa Skrining Kanker Serviks atau Kanker Leher  Rahim (IVA) dan Pemeriksaan Narkoba untuk Karyawan Badan Kesbangpol oleh Tim Dinas Kesehatan Banjar, di Aula Dinkes Banjar, Martapura, Senin (20/6/2022).


Kasi Seksi P2PTM Candra menjelaskan Kanker serviks atau kanker leher rahim menempati urutan kedua dalam deretan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.


"Deteksi dini kanker serviks lewat pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh,"jelas dia.


Selanjutnya Candra menambahkan, Pemeriksaan IVA dicek oleh tim para medis ini bertujuan sebagai deteksi awal yang di tunjukkan kepada sejumlah karyawan Badan Kesbangpol  yang ada di tempat.


"Dengan menetapkan Asam Asetat Teknik ini dinilai terjangkau mudah memerlukan alat sederhana dan hasilnya bisa langsung di dapatkan,"ucap dia.


Sementara itu Ela juga menyampaikan pelayanan melakukan pemeriksaan Kesehatan berupa Tes Narkoba untuk karyawan Badan Kesbangpol ditempat yang sama, semua karyawan Dinas Kesehatan memberikan apresiasi kepada semua jajaran perawatan yang selalu siaga melakukan deteksi dini Kesehatan karyawan Badan Kesbangpol mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang Telah membantu Badan Kesbangpol dalam acara pemeriksaan IVA dan Narkoba  untuk  kami.


Lebih lanjut Candra juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu layanan prima Bidang Kesehatan. 


“ini sebagai bentuk antisipasi agar seluruh karyawan Badan Kesbangpol terus dalam keadaan sehat dan apabila ada tanda-tanda gejala pada karyawan Badan Kesbangpol yang sakit akan segera tertangani dengan baik,"pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Kesbangpol/Yati)


Komentar