Desa Kiram Masuk Nominasi Proklim 2022

Martapura, InfoPublik - Desa Kiram terdaftar dalam Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2022 oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Keikutsertaan ini merupakan dorongan dari Desa Mandikapau barat sebagai Pembina Desa Proklim yang sudah mendapatkan penghargaan Trophy Utama Proklim 2021.

Kepala Desa Kiram Iwar saat dimintai keterangan terkait keikutsertaannya dalam program kampung iklim. 

"Terima kasih atas bantuan dan dorongan yang diberikan Dinas PRKPLH serta Desa Mandikapau barat sebagai Pembina Desa,"ujar Iwar.

Dijelaskan Iwar Kiram adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.
Luas wilayah 23.000 Hekta, jumlah penduduk dengan jumlah penduduk sebanyak 1.135 jiwa sedangkan jumlah kepala keluarga sebanyak 364 kepala keluarga.

Senada dengan pernyataan Kepala Desa Kiram, Maulani Sekdes Desa Kiram juga mengucapkan atas nama seluruh aparat desa kiram mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yunida san staf KSDAPLH yang sudah membantu desa kiram meraih nominasi untuk proklim,"ungkap Maulani.

Sementara itu, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar khususnya Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Kepala seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar selaku Pembina Proklim.

Dikatakannya, Pemerintah daerah merasa gembira atas antusias dari kiram dalam membangun desanya terutama di bidang lingkungan.

"Penanaman pohon sebanyak 132 bibit pohon atas dasar permintaan dari kepala desa kiram untuk lebih menghijaukan desa,"ujar Yunida.

Tidak jauh dari lokasi penanaman terdapat fasilitas umum berupa air terjun janda beranak tiga yang dijadikan sebagai obyek wisata desa yang telah dikelola oleh kelompok sadar wisata dan merupakan salah satu penyumbang PAD desa Kiram sehingga dengan pendapatan desa yang meningkat menjadikan Kabupaten Banjar Manis, Maju Mandiri dan Agamis dapat tercapai

program kampung iklim merupakan program pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024 sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca .(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar