Kesbangpol Laksanakan Fasilitasi Penguatan Ideologi Pancasila Kabupaten Banjar

Martapura, Infopublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar melaksanakan  Fasilitasi Penguatan Ideologi Pancasila Kabupaten Banjar, di Aula badan Kesatuan Bangsa Dan Politik, Selasa (31/5/2022)

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Kab. Banjar Safrin Noor, SH,MH dengan Menghadirkan Narasumber dari Kodim 1006 Banjar  Hadi Sutrismu, Dra. Naimah, Mm dari Akademis Universitas Islam Negri Antasari Banjarmasin dengan mengundang para peserta dari Perwakilan Desa Masing-masing Kecamatan.

Saat acara pembukaan Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor yang menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat mengingkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila di angkat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kepercayaan, serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Pancasila lahir dari ideologi keagamaan, politik dan sosial. Dalam kandungan Pancasila, perbedaan dan pluralitaa adalah kekuatan yang menyatukan.

Kegiatan ini pun dibuka dengan penyerahan buku paket mengenai tentang Pancasila kepada para peserta yang berhadir 

Pancasila dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa.

Naimah menyampaikan setiap negara di dunia ini mempunyai dasar negara yang dijadikan landasan dalam menyelenggarakan pemerintah negara. Seperti Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara atau ideologi negara untuk mengatur penyelenggaraan negara. Hal tersebut sesuai dengan bunyi pembukaan UUD 1945 alenia ke-4 yang berbunyi

Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu UUD negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara”
untuk itu,  persatuan suku- suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia dan memiliki satu tekad yang sama dalam pencapaian cita-cita pengakuan terhadap Bhineka Tunggal Ika suku Bangsa (etis) dan kebudayaan Bangsa (berbeda-beda namun satu jiwa) yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan Bangsa

”ini bertujuan menciptakan nilai-nilai persatuan dan persatuan sehingga mencegah terjadinya konflik perpecahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tidak akan terjadi,"ucap dia

Hadi Sutrismu juga menyampaikan sebagai Ideologi terbuka Pancasila diharapkan selalu tetap komunikatif dengan perkembangan masyarakat yang dinamis dan sekaligus mempermantap keyakinan masyarakat terhadapnya, pahami selalu nilai-nilai kebangsaan bersumber dari pancasila wujud dari kesadaran bangsa indonesia yang kuat (IP Kab. Banjar/Brigade/kesbangpol/yt)


Komentar