Fasilitasi Forum Penguatan Aparat Kecamatan dan Desa Dalam Penanganan Konflik Sosial

Martapura, InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar melaksanakan Fasilitasi Forum Penguatan Aparat Kecamatan dan Desa  Dalam Penanganan Konflik Sosial, di Aula Kecamatan Martapura Barat, Kamis (19/5/2022)

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Badan Kesbangpol  Kabupaten Banjar Drs. Wasis Nugraha, Camat Martapura Barat H. Ahmad Rabbani, Danramil Martapura Barat Edy Supriadi, Kapolsek Martapura Barat Al-Hamidie. 

Dengan menghadirkan Narasumber dari Batiniksan Sintel - Dim1006/Banjar Anri Dwi Afrian, Kasat Binmas Polres Banjar/Akp Amien Hidayat serta mengundang pembakal, masyarakat  dan aparat desa.

Wasis Nugraha  menyampaikan bahwa pemerintah daerah bertanggung jawab dalam mewujudkan suasana aman, damai dan sejahtera bagi setiap masyarakat serta mewujudkan stabilitas sosial di Kabupaten Banjar.

"Dalam tugasnya tim terpadu penanganan konflik sosial tingkat Kabupaten dapat dibantu oleh pemangku kewilayahan setempat, yakni camat, Kepala Desa dan Lurah, masyarakatpun dapat berperan serta dalam penanganan konflik,“ujar Wasis.

Camat Martapura Barat Ahmad Rabani kepada seluruh peserta yang hadir mengatakan agar serius berperan  menangani masalah penanganan konflik yang ada disekitar kita untuk kesejahteraan masyarakat khususnya dan terima kasih atas kehadiran pian-pian berataan.

Kasat Binmas Banjar Amien Hidayat menyampaikan konflik disebabkan ketidak percayaan dan permusuhan di antara kelompok individu  kurangnya keharmonisan dalam hal interaksi sosial.

"Agar tidak terjadi konflik hindari mengkritik dan mendebatkan gagasan yang diperlukan, mengambil keputusan tanpa meminta persetujuan pihak peserta, dan terlalu banyak bicara,”ucap Amien.

Dalam hal ini Dim1006/Bjr Anri Dwi Afrian mengharapkan pentingnya peran aparat pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam penanganan  konflik sosial agar menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Kesbangpol/yt)


Komentar