Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Martapura InfoPublik- Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar kembali Melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan  “Pentingnya Penguatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda” di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar, Selasa (29/3/2022).


Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di buka oleh Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor dengan menghadirkan Narasumber dari Badan Kesbangpol  Provinsi Kalsel Dwi Haridana,  Kodim 1006 Banjar Jumarudin serta mengundang  Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kab. Banjar, Ormas Kepemudaan dan Masyarakat.


Safrin Noor menyampaikan tujuan ini menanamkan rasa nasionalisme terhadap generasi muda dan kegiatan ini paling penting bagi negara agar dapat di sebarkan kedalam masyarakat sebagai wujud kita terhadap Bangsa dan Negara.


"Wawasan kebangsaan dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, komunitas, desa, hingga skala yang lebih besar seperti Negara, empat konsensus dasar merupakan aspek penting yang harus ditanamkan mulai dari diri sendiri,"ujar Safrin.


Dijelaskannya, nilai-nilai dalam empat konsensus dasar mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Dalam semboyan itu, ia menekankan pada aspek persatuan dalam setiap perbedaan yang ada.


“Setiap agama, aliran, dan pemikiran tertentu selalu memiliki makna dan tujuan yang sama, sebabnya persatuan merupakan hal yang mutlak dalam keberagaman yang ada,"papar dia.


Jumarudin menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi milineal dalam  pengabdian kepada NKRI.


Dikatakan Jumarudi  dengan pendidikan Pancasila akan meningkatkan akhlak mulia dan pembangunan karakter bangsa. Sebagai ideologi dan dasar negara Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan dalam mempersatukan Indonesia.


"Ayo berjuang untuk kedaulatan Indonesia sesuai porsinya masing-masing. Bisa memberikan wawasan biar sama-sama mencintai Tanah Air Indonesia,”ajak dia.


Sementara Dwi Haridana menyampaikan  penguatan Nasionalisme melalui Wasbang Indonesia merupakan Negara yang banyak mempunyai sumber daya alam yang besar sebagai sumber daya penduduk yaitu Agama meskipun ada berita - berita miring yang belum sah pembenarannya tentara yang selalu ada digaris terdepan mengharumkan negara bangsa kita gambaran indonesia bangga kita punya Indonesia mengagumi atas aset Bangsa dan negara sumber daya Alam sumber daya manusia, dan sumber daya pendukung.


Disimpulkannya, wasbang Bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, sejahtera terjaganya sejarah kebangsaan indonesia dan cinta NKRI meningkatkan kualitas penangkal maya demi lestarinya Bangsa,"pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Kesbangpol/yati)


Komentar