Diskominfo HSS Ingin Terapkan Sistem Pengelolaan SP4N - LAPOR Kominfo Banjar

Martapura, InfoPublik - Keinginan untuk menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dikelola Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar.

 

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kominfo HSS lakukan kunjungan kerja ke Kominfo Banjar, kegiatan ini disambut Sekretaris DKISP Banjar Faisal, di Aula Cakrawala, Selasa (15/3/2022).

 

Faisal menjelaskan terkait pengaduan yang dikelola oleh DKISP Banjar ada Call Center 112 misalkan ada laporan terjadi kebakaran, maka operatornya akan meneruskan kepada petugas Pemadam Kebakaran untuk segera diatasi dan juga pengaduan Lapor Manis.

 

“Misal jika ada laporan mengenai air mati maka akan diteruskan kepada petugas yang berwenang menangani masalah tersebut,”jelas Faisal.

 

Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten HSS Bardiana Hernani mengungkapkan tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar terkait pengaduan SP4N Lapor di Kabupaten Banjar.

 

"Kami ingin belajar ke Kabupaten Banjar karena Kabupaten Banjar ini sudah melaksanakan SP4N Lapor ini dari tahun 2017,”ujar Bardiana.

 

Ia berharap dari ilmu yang didapat ini akan diterapkan di Dinas Kominfo HSS.

 

"Alhamdulillaah banyak mendapat informasi dan ilmu yang mudah-mudahan nantinya akan kami laksanakan di Kabupaten HSS,”harapnya.

 

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik HM Hamdani mengatakan DKISP Banjar berbagi pengalaman terkait pengelolaan SP4N Lapor Manis di Kabupaten Banjar.

 

"Kita berbagi pengalaman terkait kegiatan-kegiatan dalam pengelolaan Lapor Manis, bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sekolah dan pesantren,”ujar Hamdani.

 

Dijelaskan Hamdani kita bekerja sesuai undang-undang dan membuka ruang untuk semua masyarakat, membuka tempat pengaduan masyarakat agar mudah dalam menyampaikan keluhan dan aduan-aduan.

 

Hamdani mengungkapkan program yang dijalankan akan dilakukan evaluasi terhadap masyarakat, apakah masyarakat sudah paham tentang keberadaan Lapor dan paham bagaimana cara menyampaikan aduannya. Dari evaluasi tersebut maka tahun depan bisa membuat program apa saja yang akan dilakukan.

 

Turut hadir dalam kunjungan ini Risma Ria, analis berita admin SP4N LAPOR Diskominfo HSS, Staf IKP DKISP Banjar dan Pengelola SP4N Lapor Manis DKISP Banjar M Faisal Rizal. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif'ah/Bagus/Man)


Komentar