Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah, IN 2 Pembelajaran Mendalam Resmi Dituntaskan di Martapura
MARTAPURA, InfoPublik – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar, bekerja sama dengan Balai Guru dan Tenaga Pendidikan (BGTK Kalsel), sukses menggelar In-service Training (IN) 2 Pelatihan Pembelajaran Mendalam (PM). Kegiatan yang merupakan rangkaian akhir dari pelatihan komprehensif ini diikuti oleh Kepala Sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SPNF, SLB, SMA dan SMK.
Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis 10-13 November 2025, bertempat di SMPN 3 Martapura.
Pelatihan IN 2 ini dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan Pembelajaran Mendalam di satuan pendidikan masing-masing. Fokus utama pelatihan adalah presentasi dan pemeriksaan portofolio hasil On-the-Job Training (OJT) serta berbagi praktik baik terkait empat elemen desain pembelajaran mendalam, yaitu praktik pedagogis, kemitraan pembelajaran, penciptaan lingkungan belajar, dan pemanfaatan digital.
Pada hari pertama para peserta memulai kegiatan dengan presentasi portofolio hasil OJT. Mereka memaparkan implementasi program pengelolaan pembelajaran mendalam yang telah dilakukan di sekolah masing-masing, meliputi keempat elemen desain pembelajaran mendalam. Diskusi interaktif antar peserta dan fasilitator mewarnai sesi ini, memberikan masukan konstruktif untuk pengembangan lebih lanjut.
Hari kedua dan ketiga pelatihan diisi dengan sesi presentasi dan berbagi praktik baik. Para peserta secara bergantian memaparkan pengalaman terbaik mereka dalam menerapkan pembelajaran mendalam, mulai dari strategi pedagogis inovatif, upaya membangun kemitraan dengan orang tua dan komunitas, menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran. Sesi ini menjadi ajang inspirasi dan pembelajaran timbal balik yang sangat berharga bagi seluruh peserta.
Pada hari terakhir, kegiatan diawali dengan lanjutan presentasi dan berbagi praktik baik, memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk mendapatkan insight dari berbagai sudut pandang. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan sesi refleksi pembelajaran, di mana peserta diajak untuk merenungkan capaian, tantangan, dan pembelajaran yang mereka peroleh selama mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.
Puncak kegiatan IN 2 ditutup dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Pasca Pelatihan. RTL ini menjadi komitmen konkret peserta untuk terus mengimplementasikan dan mengembangkan pembelajaran mendalam di sekolah masing-masing, serta menjadi agen perubahan di lingkungan pendidikan Kabupaten Banjar. Kegiatan ditutup secara resmi oleh PIC Pembelajaran Mendalam dari Disdik Banjar H. M. Suriansyah dengan harapan besar terhadap dampak positif dari pelatihan ini.
Kepala Disdik Kabupaten Banjar, Hj. Liana Penny menyampaikan apresiasi tinggi atas suksesnya penyelenggaraan IN 2 ini.
"Saya sangat bangga melihat antusiasme dan komitmen para Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru dalam mengikuti pelatihan ini. Pembelajaran Mendalam adalah kunci untuk menciptakan generasi penerus yang berdaya saing dan memiliki keterampilan abad ke-21. Saya yakin, dengan bekal ilmu dan praktik baik yang diperoleh dari pelatihan ini, kualitas pendidikan di Kabupaten Banjar akan semakin meningkat signifikan," ujar Liana Penny.
Liana juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendidikan.
"Kolaborasi dengan BGTK Kalsel ini sangat strategis. Kami berharap, hasil dari pelatihan ini tidak hanya berhenti di ruang kelas, tetapi dapat menular dan menjadi budaya di seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Banjar," tambahnya.
Pelatihan IN 2 Pembelajaran Mendalam ini diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan positif, mendorong inovasi, dan menghasilkan praktik-praktik pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era modern.
