
Disdik Banjar Gelar Sosialisasi Kombel Hari Belajar Guru PAUD 2025
MARTAPURA, InfoPublik – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar melalui Bidang Bina PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF) menggelar Sosialisasi Komunitas Belajar (Kombel) Hari Belajar Guru PAUD 2025, bertempat di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Kamis (23/10/2025).
Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan perwakilan dari PKG dan GUGUS se-Kabupaten Banjar. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Bina PAUD dan PNF, Arliza Mayasari, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.
Dalam sambutannya, Arliza menekankan pentingnya membangun semangat kolaborasi antarpendidik melalui komunitas belajar.
“Melalui komunitas belajar, kita memperkuat semangat untuk saling berbagi praktik baik, menginspirasi, dan membangun ekosistem pembelajaran yang berpihak pada anak. Karena sejatinya, ketika guru terus belajar, maka anak-anak akan mendapatkan pendidikan yang lebih bermakna, menyenangkan, dan berkualitas,” ujar Arliza.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kegiatan Komunitas Belajar (Kombel) Hari Belajar Guru PAUD merupakan momentum bagi pendidik untuk terus meningkatkan kapasitas diri.
“Melalui kegiatan ini, saya berharap para pendidik dapat memperoleh wawasan dan keterampilan baru. Sebagai pengingat dalam memperbaiki cara mengajar, memahami kebutuhan anak, maupun berinovasi di kelas adalah bagian dari perjalanan besar menuju PAUD yang Holistik Integratif dan Bermutu,” jelasnya.
Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Balai Guru dan Tenaga Kependidikan (BGTK) Provinsi Kalimantan Selatan sebagai narasumber dengan materi “Peran Guru PAUD, Peran Kombel sebagai Sarana Kolaborasi dan Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mendukung Implementasi Pembelajaran Mendalam dan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI)”.
Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru PAUD di Kabupaten Banjar dapat memperkuat kompetensi, profesionalisme, serta membangun budaya belajar bersama untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas, menyenangkan, dan berpihak pada anak. (Ans)