Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Gelar Bimtek Penguatan Implementasi Kurikulum Jenjang SMP Tahun 2025

Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Implementasi Kurikulum Jenjang SMP Se-Kabupaten Banjar Tahun 2025. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 22 April 2025 bertempat di Hotel Rodhita.

Bimtek ini diikuti Wakil Kepala Sekolah kurikulum,  satuan pendidikan jenjang SMP se-Kabupaten Banjar. Tujuannya adalah untuk memperkuat pemahaman serta kesiapan para pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan kurikulum dengan lebih optimal dan kontekstual sesuai kebutuhan peserta didik.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pembinaan SMP, Ajidin Noor, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dalam menyukseskan pelaksanaan kurikulum yang lebih berorientasi pada penguatan kompetensi, karakter, serta pembelajaran yang berpihak pada siswa.

“Melalui bimtek ini, kami ingin memastikan bahwa implementasi kurikulum di satuan pendidikan SMP berjalan sesuai arah kebijakan nasional dan daerah, serta mampu menjawab tantangan pembelajaran masa kini,” ujar Ajidin Noor.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Liana Penny. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya sinergi antara guru, kepala sekolah, dan pengawas dalam memastikan implementasi kurikulum berjalan dengan baik dan berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

“Kurikulum bukan sekadar dokumen, tapi pedoman hidup dalam proses belajar-mengajar. Maka perlu penguatan terus-menerus agar penerapannya relevan dan efektif di kelas,” tutur Liana Penny.

Bimtek ini menghadirkan narasumber berpengalaman dari kalangan praktisi pendidikan dan pengembang kurikulum, serta dilengkapi dengan sesi diskusi dan praktik implementasi modul ajar.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan seluruh satuan pendidikan SMP di Kabupaten Banjar dapat menjalankan kurikulum secara lebih terarah, kreatif, dan berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik.


Komentar