
Pelayanan Publik Prima, Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional
BANJARMASIN, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar dapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), saat Rapat koordinasi (Rakor) pelayanan publik se-Kalimantan Selatan, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (17/4/2025) pagi.
Penghargaan yang diserahkan Wakil Menteri PAN-RB Purwadi Arianto tersebut diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi dan kepala daerah lainnya di Kalimantan Selatan. Penghargaan diberikan kepada kepala daerah dengan Indeks Pelayanan Publik Prima atau Sangat Baik, serta kepala daerah dengan Mal Pelayanan Publik (MPP) kategori Prima.
Wamen Purwadi Arianto mengapresiasi komitmen Pemprov Kalsel dan kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan publik.
“Ini terlihat dari peningkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, penyelenggaraan MPP dan peningkatan partisipasi masyarakat melalui LAPOR!,” ujarnya.
Purwadi menekankan pelayanan publik sebagai pondasi transformasi tata kelola pemerintahan harus responsif dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Untuk itu ia mendorong dinas dan lembaga untuk aktif melakukan inovasi, integrasi dan digitalisasi pada layanan publik, serta melibatkan publik dalam pelaksanaannya.
Sementara itu Wabup Banjar Habib Idrus Al Habsyi sampaikan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh KemenPAN-RB. Ia berharap penghargaan yang diberikan bisa menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada publik.
“Terima kasih atas kinerja jajaran Pemkab Banjar selama ini, alhamdulillah, semoga penghargaan nasional ini bisa menjadi penyemangat kita untuk lebih baik ke depannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.
Rakor tersebut digelar dengan tujuan memberikan pemahaman kepada kepala daerah se-Kalsel tentang pengembangan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat terkini. Selain memberikan penghargaan Wamen PAN-RB juga meresmikan aplikasi LAPOR! di lingkungan Pemprov Kalsel.
Wamen PAN-RB berlanjut meninjau unit pelayanan publik, seperti MPP Banjarbaru dan SAMSAT Banjarmasin 2, untuk memastikan pelayanan berjalan optimal dan sebagai bentuk apresiasi kepada ASN dan petugas pelayanan. (Media Center Banjar)