Distan Imbau Petani Waspada Dampak Perubahan Iklim

Martapura, InfoPublik - Perubahan iklim di Dunia membuat cuaca tak menentu, terkhusus di Kabupaten Banjar mengakibatkan terganggunya terhadap sektor pertanian.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pertanian mensosialisasikan dan mengimbau dampak perubahan iklim kekeringan dan kebakaran di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Astambul dan Martapura Barat, Kamis (13/7/2023).

Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty mengatakan iklim yang berubah merupakan suatu fenomena yang ditandai dengan berubahnya pola iklim dunia yang mengakibatkan cuaca tidak menentu dan mengakibatkan gangguan terhadap kelangsungan hidup manusia  dan tanaman.

"Sektor pertanian adalah sektor yang paling rentan terhadap perubahan iklim karena berpengaruh terhadap pola tanam, waktu tanam, indeks pertanaman, produksi dan kualitas hasil," ujar Imelda.

Menurut Imelda peran penyuluh sangat penting dalam pendampingan petani guna menghadapi perubahan iklim, agar tidak berdampak pertanian.

"Penting bagi kita khususnya para petani untuk memerhatikan kondisi lingkungan sekitar guna mengantisipasi dan mengurangi dampak pada pertanian saat perubahan iklim terjadi," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri para PPL kecamatan Astambul dan PPP kecamatan Martapura Barat. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar